Menang Atas Taipei, Ini Kata Indra Sjafri

oleh
Timnas U-19. (pssi)

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan telak dengan skor 3-1 atas Chinese Taipei pada laga pertama Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10) malam.

Dua gol kemenangan Garuda Nusantara julukan Timnas U-19 dicetak oleh dua gol Witan Sulaeman pada menit ke-71 dan 89′. Dua gol tersebut tercipta setelah sebelumnya Egy Maulana Vikri membuka keunggulan pada menit ke-51 dan sempat disamakan pemain Chinese Taipei yakni Wang Chung Yu.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa kemenangan ini tidak mudah diraih. Apalagi tim lawan sering bermain bertahan sepanjang laga.
Situasi tersebut membuatnya menyiapkan strategi khusus demi raihan tiga poin.

“Kemenangan ini perlu disyukuri karena pertandingan pertama ini bakal menentukan untuk laga selanjutnya. Secara teknis permainan Chinese Taipei sudah kami perkirakan sejak awal. Mereka menerapkan permainan bertahan,” kata Indra Sjafri usai laga seperti dinukil dariĀ  pssi.org.

“Para pemain merespons dengan baik. Namun, permainan Chinese Taipei membuat kami sulit untuk masuk ke kotak penalti pada babak pertama. Pada babak kedua ada sedikit perubahan. Garis pertahanan Chinese Taipei sedikit lebih tinggi. Jadi, situasi itu membuat timnas Indonesia U-19 mudah mengeksploitasi lini pertahanan lawan,” jelasnya.

Sementara itu, bicara soal dua gol yang dicetaknya ke gawang Chinese Taipei, Witan Sulaeman mendedikasikannya untuk masyarakat kota Palu yang merupakan daerah asalnya. Selain itu, Witan juga tak ingin dirinya dan rekan-rekan setimnya tidak berpuas diri dengan kemenangan di laga pertama ini.

“Alhamdulillah kami bisa meraih kemenangan, terutama karena ini adalah pertandingan pertama. Kemenangan ini menjadi modal bagus untuk kami ke depannya. Saya berharap kami tidak berpuas diri karena lawan-lawan di pertandingan selanjutnya lebih berat,” kata Witan.

“Saya mendedikasikan gol yang saya cetak untuk seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Kota Palu karena banyak keluarga saya yang ada di sana,” lanjutnya.

Kemenangan yang diraih Timnas U-19 membuat Nur Hidayat dan kawan-kawan berada di puncak klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Garuda Nusantara unggul selisih gol atas Uni Emirat Arab yang mengoleksi jumlah poin yang sama setelah sebelumnya meraih kemenangan 2-1 atas Qatar. (aci)

Loading...