Masyarakat Terima BLT Kabupaten Tahap Dua Dan Tiga

  • Whatsapp
Proses penyaluran BLT Kabupaten di Nagari IV Koto Pulau Punjung, Rabu (9/9) ( roni aprianto )

PULAU PUNJUNG – Agaknya masyarakat Dharmasraya patut berucap syukur dan berterimakasih kepada pemerintah, karena harap- harap cemas mereka selama ini terjawab sudah. Dimana Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Kabupaten dampak Covid-19 kembali dikucurkan kepada mereka yang berhak menerima.

Pandemi Covid- 19 memang berdampak besar terhadap merosotnya perekonomian. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) kepada masyarakat yang terdampak Covid- 19.

Bacaan Lainnya

Mulanya Dharmasraya mengalokasikan Rp15 miliar  dari APBD  agi 15.141 KK terdampak Covid – 19 untuk tiga tahap, masing- masing penerima mendapat Rp600 ribu.

” Tahap pertama sudah disalurkan untuk 15.141 penerima atau KK dengan total anggaran Rp9 miliar, masing- masing mendapat Rp600 ribu,” ungkap Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana ( SOSP3APPKB) Kabupaten Dharmasraya, Boby Perdana Reza saat dikonfirmasi Topsatu.com, Rabu (9/9).

Katanya, setelah BLT tahap pertama disalurkan, rupanya dari anggaran Rp15 miliar yang disediakan, sisanya tidak lagi mencukupi untuk penyaluran tahap kedua dan ketiga dengan jumlah yang sama yakni Rp600 ribu untuk masing- masing penerima. Lantaran dana yang tersedia tersebut tidak mencukupi jika dikalikan dengan jumlah penerima, akhirnya penyaluran ditunda sembari melakukan koordinasi dengan pihak nagari.

” Tahap awal sudah disalurkan Rp9 miliar untuk 15.141 KK dan sisanya Rp6 miliar. Apabila sisa Rp6 miliar ini dibagi 15.141 KK, jelas kurang, sehingga penyalurannya ditunda sampai ada keputusan,” terangnya.

Lanjut Bobby, setelah dilakukan koordinasi dengan bupati, pihak nagari, Dinas Sosial, Dinas Keuangan Daerah dan pihak terkait lainnya, maka disepakati untuk melanjutkan penyaluran BLT Kabupaten ini meski dengan nilai lebih kecil dari yang sebelumnya.

Pos terkait