Masyarakat Makan Lesehan bersama Para Raja

  • Whatsapp
Ribuan masyarakat saat menikmati makan lesehan di objek wisata Candi Pulau Sawah, pusat dilaksanakannya Arung Pamalayu dan Sarasehan Budaya, Senin (23/9). (roni aprianto)

PULAU PUNJUNG – Ribuan masyarakat makan lesehan bersama para raja di objek wisata Candi Pulau Sawah, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, pusat penyelenggaraan kegiatan Arung Pamalayu dan Sarasehan Budaya, Senin ( 23/9).

Para raja yang dimaksud adalah Raja Pulau Punjung, Abdul Haris Daulat Tuanku Sati, Sutan Alif Tuaku Rajo Padang Laweh, Sutan Hendri Tuanku Rajo Siguntur, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Koto Besar, Bagindo Tan Ameh Rajo Alam dari Jambu Lipo Kabupaten Sijunjung, Puti Bulian Rajo Sungai Kambut.

Beralaskan tikar seadanya, berpiringkan daun pisang, para raja serta ribuan masyarakat yang berasal dari berbagai pelosok Dharmasraya ini menikmati hidangan rendang daging kerbau dan sapi yang sengaja disembelih untuk kegiatan tersebut. Ditambah lagi dengan gulai rebung dan nangka serta sop daging.

Hari itu nikmat yang luar biasa bagi masyarakat Dharmasraya.

Sebelum menyantap hidangan, terlebih dahulu diawali dengan pitata pititih atau pasambahan makan khas adat istiadat Minangkabau.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, umumnya kepada Pemerintah Daerah Dharmasraya atas jamuan ini,” ungkap salah seorang warna bernama Yanti didampingi rekannya, Lili dan Eni di sela-sela kègiatan tersebut.

Ia mengaku, kehadiran dirinya bersama rekannya di lokasi acara Arung Pamalalu dan Sarasehan Budaya lantaran penasaran dengan kegiatan tersebut. Ia juga tidak menyangka masyarakat akan datang sebanyak ini.

Dalam kegiatan itu, panitia memang menyembelih tiga ekor sapi dan satu ekor kerbau untuk dimasak dan dimakan bersama masyarakat.

“Kita bersyukur kegiatan ini berjalan sesuai harapan. Ribuan masyarakat hadir dilokasi ini. Jadi, tiga ekor sapi dan satu ekor kerbau yang kita sedian tidak mubazir. Semuanya dapat makan, masyarakat bahagia, pemerintah senang,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Dharmasraya, Adlisman.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, Kapolda Sumbar, Inspektur Jenderal Polisi, Fahkrizal beserta jajarannya, puluhan ninik mamak, bundo kanduang dan undangan lainnya. (ron)

Pos terkait