Masuk Wilayah Siberut, Tak Patuhi Protokol Kesehatan Pendatang Disuruh Putar Balik

  • Whatsapp
Seorang petugas kesehatan menggunakan APD lengkap, memeriksa suhu tubuh Wagub Sumbar yang akan masuk ke melakukan kunjungan kerja ke wilayah Siberut. Ist

SIBERUT -Setiap pendatang yang masuk ke wilayah Siberut wajib mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak akan disuruh putar balik dan tak diizinkan masuk ke wilayah kepulauan itu.

Itu ditegaskan Wakapolsek Muara Siberut Ipda Dinardo Bangsawan SH, saat menyambut kedatangan rombongan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, bersama tim gugus di Pulau Siberut, Muaro Siberut Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedatangan orang nomordua di Sumbar itu memastikan penanganan virus corona di sana berjalan dengan baik, Senin (1/6).

Disiberut, Wagub dan rombongan menjalani protokol kesehatan Covid-19 yang begitu ketat.

“Siapa saja yang masuk ke wilayah ini, wajib memenuhi protokol kesehatan, kalau tidak kami akan lakukan tindakan tegas. Perintah putar balik akan kita lakukan,” kata Wakapolsek Muara Siberut, Ipda Dinardo.

Dikatakan, pihaknya akan selalu mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga terhindar dari bahaya yang diakibatkan Virus Corona. Protok dimaksud, menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan , pengukuran suhu tubuh dan lainnya.

Ia berharap masyarakat sadar bahwa situasi pandemi Covid 19 belum berakhir, dan terus meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan Virus Corona ini.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit,  mengapresiasi kerja keras dari gugus tugas di Siberut. Tim gugus tidak membeda-bedakan pemeriksaan untuk setiap pendatang yang masuk ke Siberut. Buktinya dia selaku Wagub Sumbar tetap menjalani protokol kesehatan saat masuk ke wilayah tersebut.

“Dengan pemeriksaan ketat seperti ini, kita yakin penanganan virus corona di pulau ini bisa berjalan dengan baik,” ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengatakan, sejauh ini masyarakat Siberut terus melakukan protokol Covid-19 pada setiap orang yang masuk ke wilayahnya. Kebijakan ini tidak lepas dari kerja keras Bupati Kepulauan Mentawai dan dukungan semua pihak dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sejauh ini lanjutnya situasi masih terkendali, hal ini tak lepas adanya sinergitas antara pemerintah, TNI dan Polri. Wagub Sumbar memastikan penanganan penyebaran wabah Covid-19 bisa berjalan lancar. Bahkan untuk persiapan menuju tatanan kehidupan baru.

Selain itu, Nasrul Abit juga memuji masyarakat Muaro Siberut daerah yang paling siap dalam hal penanganan pandemi Covid-19, karena terlihat masyarakat Siberut mengikuti semua anjuran pemerintah mengikuti protokol Covid-19.

“Kunci masalah ini ada di masyarakat, kalau dilakukan dengan disiplin dan penuh keiklasan, maka Covid-19 tidak ada lagi di Mentawai,” sebutnya.

Menurutnya dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19. Melibatkan tokoh masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat dan tokoh yang lain menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat. (hms.sumbar*)

 

Pos terkait