Masjid Megah dan Indah Bakal Berdiri di Jorong Turawan Nagari III Koto

  • Bagikan
Bupati Eka Putra menyerahkan batu pada Bupati sebelumnya Zuldafri Darma saat peletakan batu pertama pembangunan masjid Taqwa Turawan. (yusnaldi)

BATUSANGKAR – Masjid Taqwa Turawan Nagari III Koto Kecamatan Rambatan akan menjadi masjid megah dan indah sebagaimana rencana pembangunan barunya dalam waktu satu setengah tahun ke depan.

Milyaran dana dikucurkan untuk pembangunannya yang berasal dari partisipasi perantau Jorong Turawan dan dimotori Yayasan Ombilin Nur dan Ikatan Keluarga Perantau Turawan (IKPT).

Mewakili Yayasan Ombilin Nur Budiawan dihadapan Bupati Eka Putra dan bupati sebelumnya H. Zuldafri Darma di.masjid Taqwa, Senin (15/11) menyebut dukungan besar untuk membangun masjid ini muncul dari perantau peduli atas kondisi kampung halamannya.

“Semua ingin adanya masjid megah yang nyaman untuk beribadah bagi masyarakat di kampung halaman,” ungkapnya

Sementara, Ketua IKPT Jaya Dori Mufid menyebut pembangunan masjid ini merupakan proyek amal perantau untuk kampung halamannya, yang didukung masyarakat Jorong Turawan dengan merobohkan seluruh bangunannya untuk dibanuun kembali.

Tokoh masyarakatnya Suherman Saleh Dt. Majo Nan Sati juga menyampaikan keinginan dan semangat untuk mmebangun masjid baru tersebut atas dukungan perantau dan masyarakat.

“Masjid Taqwa ini awal bangunannya dari kayu, kemudian dirombak dan dibangun kembali sebanyak tiga kali, kemudian dimulai hari ini juga akan dirombak atau dibangun untuk ke 4 kalinya. Jangan risau, Insya Allah amal ibadah masyarakat yang telah membantu untuk pembangunan masjid dari awal sampai hari ini dan ke depan selagi dimanfaatkan untuk beribadah akan mengalir pahalanya,” ucapnya.

Menurut Bupati Eka, pelaksanaan pembangunannya sebagai bukti nyata kolaborasi dan kekompakan antara perantau dengan masyarakat di kampung halaman.

“Pemkab menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kegiatan seperti hari ini, karena memang ini membantu Pemkab terutama dalam menyukseskan visi dan misinya, terima kasih pada perantau dan yayasan Ombilin Nur serta masyarakat atas dukungannya,” ujar Eka.

Namun tentunya ke depan, tambah Eka Putra, masjid yang megah ini nanti hendaknya juga akan dipenuhi jamaah untuk beribadah. Memakmurkan masjid ini dengan kegiatan ibadah, majelis taklim, remaja masjid, perpustakaan masjid, pembinaan ibadah dan memeriahkan hari besar Islam, dan juga pembinaan hafidz atau hafidzah. (ydi)

  • Bagikan