Mantap, Polresta Payakumbuh Luncurkan Sim Keliling

  • Whatsapp
Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan saat peluncuran SIM keliling. (tns)

PAYAKUMBUH – Tampil perdana di Ngalau Indah, Mobil Bis SIM Keliling Polres Payakumbuh layani 41 pemohon SIM baru dan perpanjangan, Minggu (15/3).

Mobil SIM Keliling ini merupakan tambahan layanan inovasi SPKT Mobile Polres Payakumbuh yang sebelumnya telah dilengkapi dengan pelayanan pengaduan/laporan polisi, penerbitan SKCK, Laporan Kehilangan, cek kesehatan gratis oleh Klinik Polres dan layanan dinas terkait seperti Samsat untuk pembayaran pajak kendaraan serta Dukcapil untuk layanan kartu keluarga dan KTP.

Tidak seperti biasanya, masyarakat yang berkunjung mengikuti pelayanan SPKT Mobile biasanya sedikit dan hanya didominasi oleh masyarakat yang mengikuti cek kesehatan gratis. Kata Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan.

“Pertama kali meluncurkan layanan SIM Keliling, sudah cukup menarik animo masyarakat dimana layanan SIM Keliling  41 orang (SIM baru 26 orang dan perpanjangan 15 orang). Layanan Samsat  pembayaran pajak kendaraan tahunan sebanyak 3 orang (pajak motor), penerbitan laporan kehilangan sebanyak 2 orang dan SKCK sebanyak 3 orang serta pemeriksaan kesehatan gratis sebanyak 25 orang,” ujar Kapolres.

Kapolres Payakumbuh didampingi Sekdako Payakumbuh Rida Ananda menyaksikan antusiasme masyarakat dalam mengikuti layanan SPKT Mobile khusunya peluncuran tambahan layanan SIM Keliling.

Ia menambahkan, pelayanan SIM pada SPKT Mobile ini adalah salah satu upayanya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Semoga dengan adanya layanan ini, masyarakat merasa terbantu.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Dir Lantas Kombes Pol Yofie Girianto Putro atas kepercayaan yang diberikan untuk mengelola bus SIM keliling ini,” sambung Kapolres.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemko Payakumbuh yang telah berkomitmen mendukung SPKT Mobile ini dengan mengikutkan Layanan Samsat dan Dukcapil. Kapolres berharap semoga sinergitas ini terus berlanjut dan dapat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

Kasat Lantas Porles Payakumbuh Iptu Andika Alfatoni mengatakan pelayanan SIM Keliling ini sama seperti bila mengikuti layana di Polres dengan dilengkapi ujian teori, praktik, kesehatan dan psikologi.

“Kami menyediakan layanan ini khusus untuk masyarakat yang karena kesibukannya saat jam-jam kantor tidak bisa mengurus SIM di Polres,” pungkas Andika. (rel)

Rekomendasi