Manager Nasution Didaulat Menjadi Ketua Umum PP Iluni UIN IB Periode 2021-2026

  • Bagikan

PADANG – Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang akhirnya menetapkan Maneger Nasution sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Iluni periode 2021-2026.

Diketahui, Maneger Nasution juga merupakan Wakil Ketua LPSK RI 2019-2024. Sebelumnya Maneger juga pernah menjadi anggota Komnas HAM RI pada 2012-2017.

Pemilihan ketua umum Pimpinan Pusat Iluni UIN IB dilakukan oleh 7 orang formatur. Manager Nasution ditetapkan sebagai Ketua Umum Iluni dalam agenda pleno ke 4 yang dipilih 7 formatur.

7 formatur yang tersebut yakni, M Rifki, Kombes Pol Ricky Yanuarfi, Salman K Memet, Nasrul A, Apris, M Sawati, dan Maneger Nasution.

“Iluni merupakan organisasi sosial yang memerlukan kesadaran yang tinggi. Kita akan fokus ke 3 hal dalam waktu dekat ini. Bagaimana tagline UIN Connection itu padukan. Saya ingin mengatakan kepada adek-adek mahasiswa mari kita bangun kebanggaan,” ungkapnya dalam sambutannya usai terpilih menjadi Ketua Umum, Sabtu (4/12/2021).

Kemudian dia melanjutkan bagaimana koneksi antar alumni. “Bagaimana berguna sesama alumni, dan berguna bagi umat dan bangsa,” ujarnya.

Terakhir, bagaimana mendata alumni. Untuk memetakan kekuatan untuk UIN Connection.

Tak hanya itu, Meneger juga mengatakan bahwa dirinya bukan orang politik, tidak punya basis politik di Sumbar.

Dalam jangka sepekan pihaknya berjanji akan menyelesaikan susunan pengurus Iluni.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mrngharapkan agar alumni UIN bisa ikut andil dalam memajukan ekonimi Sumbar.

“Pergerakan pertumbuhan ekonomi mengisi banyak sisi untuk memberi dukungan kepada masyarakat Sumbar. Kita konsen menjadikan Sumbar pusat keuangan syariah, wisata halal dan industri halal,” ungkap Mahyeldi saat membuka acara Mubes Iluni UIN IB, Sabtu (4/12/2021).

Keberadaan UIN IB, kata Mahyeldi, adalah yang pling kuat, erat untuk membangun perekonomian Sumbar. Karena UIN dihadirkan untuk menjaga falsafah Adar Basa di Syara, Syara’ Basandi Kitabullah.

Apalagi, kata Gubernur, UIN memiliki fakultas ekonomi bisnis islam.” Mari kita bersinergi dalam memberikan dorongan dan penguatan untuk Sumbar ke depan,” ajaknya.

Menurut Mahyeldi keberadaan alumni juga mempercepat dalam pembangunan Sumbar dan program yang dihadirkan di Sumbar.

” Kita juga berterima kasih karena Iluni juga melakukan vaksinasi untuk membantu pemerintah mencapai target vaksinasi. Kita baru 56 persen ada 14 persen lagi yang harus kita capai hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Mudah-mudahan kerja sama pemerintah dan UIN bisa lebih baik lagi ke depannya. Semoga dengan Mubes ini dapat menghadirkan ketua dan pengurus yang terbaik.

Sementara itu ketua Panitia Mubes UIN IB M Rifki menyampaikan ucapan terima kasih pada rektor yang membantu secara moril dan materi serta fasilitas lainnya sangat bernilai bagi kami.

“Juga terimakasih pada pemimpin di Sumbar, audiensi dengan pak gubernur dan beliau hadir hari ini. Usul saran yang diberikan  pimpinan kita akan menjadi catatan penting bagi kita dalam pengurusan iluni yang akan datang,” ujarnya.

Kemudian ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar dan Bupati Dharmasraya karena ikut memasang baliho yang besar di daerah masing-masing.

Juga kepada donatur yang memberikan donasi dan bantuannya. Itu sangat berharga kami semua. Terima kasih pada panitia yang tak kenal lelah.

“aKmi mohon maaf jika ada rangkaian sebelumnya, hari ini dan selanjutnya jika ada yang kurang kami mohon maaf,” jelasnya. (*)

  • Bagikan