Mahyeldi Dorong Kaum Ibu Jadi Lokomotif Ekonomi Keluarga

Mahyeldi memberikan materi pelatihan ekonomi keluarga kepada ibu-ibu Padang Selatan. (ist)

PADANG – Mahyeldi mendorong kaum ibu untuk menjadi lokomotif ekonomi keluarga. Kaum ibu bisa mengambil peran yang lebih besar dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

Hal itu diungkapkan Mahyeldi ketika meresmikan Rumah Keluarga Indonesia Kecamatan Padang Selatan beberapa waktu lalu. RKI adalah program pemberdayaan keluarga yang diinisiasi oleh Partai Keadilan Sejahtera Kota Padang.

Peresmian RKI Padang Selatan ditandai dengan pelatihan pengolahan limbah plastik sebagai produk kerajinan dan lainnya. Juga pelatihan pengelolaan pupuk organik. Selain itu, peresmian ini menjadi ajang bagi kaum ibu untuk menampilkan produk industri rumahan yang sudah mereka kelola.

Di hadapan ratusan peserta pelatihan, Mahyeldi mengungkapkan produk rumahan memiliki prospek yang sangat bagus. “Misalnya sampah plastik. Itu bisa menjadi pintu-pintu rezki bagi keluarga,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi sendiri mendorong tumbuhnya produk rumahan di Kota Padang. Hal ini sesuai dengan visi pemerintah untuk menggalakkan produk dalam negeri dan produk yang berbasis nagari di Sumatera Barat.

Sebagai wujud komitmen menumbuhkan produk rumahan, Mahyeldi memperlihatkannya ketika menjadi Walikota Padang. Ia mendorong pembinaan produk rumahan di Kota Padang agar bisa masuk ke jaringan ritel modern seperti Minangmart.

Kepada peserta pelatihan, Mahyeldi mengaku salut dengan kegigihan dan kreativitas kaum ibu ini. Mereka memiliki bakat terpendam yang bisa ditumbuhkan sebagai sebuah usaha. Karena itu, Mahyeldi mendorong kaum ibu untuk terus meningkatkan keterampilannya dan bergiat dalam industri rumahan.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga mengedukasi warga mengenai prosedur Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Sejahtera. Program pemerintah ini bisa dimanfaatkan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

Ketua Panitia Acara, Suratmi mengatakan ratusan peserta berasal dari berbagai kelurahan se-Kecamatan Padang Selatan. Selain memberikan pelatihan, peserta juga diberikan pengetahuan terhadap permodalan. (zal)

Loading...