Mahyeldi – Audy; Sektor Pertanian Solusi Ekonomi Masyarakat Sumbar

  • Whatsapp
Mahyeldi - Audy Joinaldy dalam kegiatan deklarasi di Hotel Sakato Jaya, Kecamatan Pulau Punjung. ( roni aprianto )

PULAU PUNJUNG – Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Mahyeldi – Audy Joinaldy, menyebutkan, sektor pertanian merupakan salah satu solusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumatera Barat. Pertanian dalam artian luas, persentase masyarakat Sumatera Barat yang ekonominya bergantung pada pertanian mencapai 70 sampai 80 persen, seperti peternakan, perkebunan, pertanian dan kehutanan.

” Kami serius dan berkomitmen untuk mendorong sektor pertanian ini dengan mengakosasikan anggaran 10 persen dari APBD kita,” ungkap Mahyeldy didampingi Audy Joinaldy saat dikonfirmasi Topsatu.com ketika kegiatan Deklarasi Pasangan ini di Hotel Sakato Jaya, Kecamatan Pulau Punjung, Sabtu (12/9) sore.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, di masa pandemi ini, kebutuhan pangan masyarakat makin meningkat, dan ekonomi sulit. Inilah yang menjadi perhatian pasangan ini serta mencarikan solusinya dengan harapan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

” Secara internasional masalah pangan ini merupakan salah satu program strategis. Dengan kita konsen terhadap pertanian, kita bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan kebutuhan secara internasional,” terangnya.

Katanya, untuk mendorong tumbuh kembangnya sektor pertanian ini bisa dengan cara pembenahan irigasi, cetak sawah baru dan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD). Melalui BUMD harga komoditi pertanian terjamin.

” Dengan doa seluruh masyarakat Sumbar, apa yang menjadi niat baik kami ini bisa diwujudkan,” katanya.

Menurut Mahyeldi lagi, khusus di Dharmasraya untuk jaringan irigasinya sudah sangat bagus, dan tidak sulit untuk mendorong sektor pertanian ini.

“Ketika airnya lancar dan iringasinya bagus, bakal mempermudah untuk melaksanakan program pertanian ini. Di Padang kita telah mencoba panen padi tiga kali setahun, karena didukung oleh air yang lancar dan irigasi yang bagus,” terangnya.

Pasangan ini yakin, komitmetnya soal program pertanian bisa direalisasikan dengan baik.

” Latar belakang pendidikan saya pertanian dan Audy ahli dibidang pertenakan dan pengusaha sukses di Indonesia timur. Dengan ilmu yang kami miliki, program di sektor ini cukup mudah. Mari bersama- sama membangun Sumatera Barat,” katanya.

Audy Joinaldy menambahkan, pihaknya telah melakukan silaturrahmi ke berbagai daerah untuk menyerap aspirasi warga. Berbincang dengan tokoh masyarakat dan para relawan. Dalam diskusi tersebut masyarakat banyak mengeluhkan lesunya perekonomian saat pandemi. Pendapatan masyarakat menurun drastis karena dampak Covid -19. (roni)

 

Pos terkait