Mahyeldi Ajak Warga Mampu Sekolahkan Anaknya ke Swasta

  • Bagikan
Mahyeldi

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengimbau kepada orang tua yang memiliki kemampuan finansial agar lebih memilih sekolah swasta yang bagus untuk pendidikan anak-anak mereka.

Hal ini dimaksudkan agar daya tampung sekolah negeri yang terbatas bisa diimbangi jumlah siswa yang mendaftar. Selain itu sekolah swasta yang berkelas punya banyak kelebihan dan keunggulan untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa.

“Kalau ada orangtua yang punya uang banyak dan anaknya juga punya kompetensi silahkan masuk swasta yang berkelas dan memiliki standar yang tinggi. Di sekolah swasta tersebut, anak yang berpotensi akan bisa jadi lebih baik lagi. Sekolah negeri itu terbatas kemampuannya. Anggarannya sedikit, jadi biarlah yang mampu sekolah di swasta saja,” kata Mahyeldi, usai membuka PPDB Online, di Dinas Pendidikan Sumbar, Senin (21/6/2021).

Ditambahkan Mahyeldi, dari informasi yang ia dapat, di Sumbar ini terdapat 30 persen orang kaya. Diharapkan yang 30 persen ini masuk swasta sehingga yang kurang mampu yang difasilitasi di sekolah negeri.

Menurutnya, sekolah swasta punya banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah bisa memungut dana berapapun kepada siswa dengan kesepakatan dengan orang tua untuk menunjang berbagai program atau fasilitas demi peningkatan prestasi siswa.

Disamping menggarap kalangan ekonomi mampu, Buya Mahyeldi juga berharap sekolah swasta menyiapkan prioritas agau kuota untuk siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu.(yuke)

  • Bagikan