Lubuk Basung Kembali Banjir

oleh
Salah satu rumah warga korban yang terkena hantaman banjir bandang di Ujung Labuh Sungai Jariang Kecamatan Lubuk Basung, Senin (22/10)--mursyidi

LUBUK BASUNG-Untuk kedua kalinya dalam sepuluh hari terakhir Lubuk Basung kab Agam dilanda banjir. Banjir menghantam kawasan Lansano sampai Simpang Tiga Selasa Siang (30/10) ini sehingga beberapa rumah penduduk digenangi air sampai 30 sentimeter.

Salah satu rumah yang dimasuki air adalah milik Leli Emelia di samping SMP 1 Lubuk Basung. “Ini kedua kalinya dalam dua pekan ini rumah kita dijebol banjir ” ujar guru SMK 1 Lubuk Basung itu.

Leli dan ponakannya Habibi harus membersihkan lunau yang didorong air deras kedalam rumahnya. ” Belum pernah kebanjiran seperti ini, sudah 27 tahun rumah ini kami diami, kinilah baru air memanjat lantai rumah kami” katanya.

Curah hujan memang cukup deras mengguyur Lubuk Basung sejak pukul sehabis shalat zuhur. Tidak sampai satu jam air meluap deras dan melimpah ke jalan raya yang dua jalur menbentang dari Pasar Usang sampai Simpang Tiga.

Dari amatan Singgalang, titik kumpul air di lapangan bola SMP 1 dan seputar bundaran Simpang Tiga. Sumbatan yang menghalangi luncuran air dari arah Cubadak adalah di sekitar rumah Sakit Rezki Bunda Lansano dan di Simpang Tiga.

Bandar dari Simpang Tiga sampai Simpang Tembok relatif menurun, karena sumbatan di Simpang Tiga, buangan air ke arah Simpang Tembok sedikit dibandingkan air di Lansano sampai Lapau Talang.
Setelah selesai salat Asar, hujn mereda, 30 menit kemudian air mulai surut. Namun demikian, air yang mencapai kedalaman 40 sentimeter dijalan raya Simpang Tiga dimanfaatkan anak-anak berenang renang. (513)

Loading...