LP2M UNP dan Pelti Sumbar Bekali 25 Wasit Tenis Pelatihan dan Penanganan Gangguan Psikologis

  • Bagikan
PSIKOLOGIS - Narasumber Dr. Tjung Hauw Sin, M.Kons saat memberikan materinya terkait Pelatihan dan Penanganan Gangguan Psikologis bagi wasit tenis. (ist)

PADANG – Sebanyak 25 wasit tenis lapangan Sumbar mendapat ilmu psikolog dari narasumber yang tidak diragukan lagi.

Iven yang bertajuk Pelatihan dan Penanganan Gangguan Psikologis bagi Wasit Tenis Lapangan Sumbar dalam persiapan penugasan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang itu digagas oleh dua dosen FIK UNP yakni Indri Wulandari, M.Pd selaku ketua dan anggota Muhammad Arnando, S.Si, M.Pd itu.

Kegiatan pelatihan itu berlangsung Rabu (1/9) di Kampus II UNP Lubuk Buaya, Padang itu atas kerjasama antara LP2M UNP dengan Pengprov Pelti Sumbar.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bidang Perwasitan Pengprov Pelti Sumbar, Hendri Irawadi, M.Pd. Dengan mendatangkan narasumber yang sangat berkompeten yaitu Dr. Tjung Hauw Sin, M.Kons.

Ketua panpel, Indri Wulandari, M.Pd dalam laporannya menerangkan pelatihan ini diikuti 25 wasit dari berbagai daerah di Sumbar. “Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan psikologis wasit dari tekanan dalam suatu pertandingan,” kata Indri Wulandari.

Dikatakan Indri Wulandari yang saat itu didampingi anggota Muhammad Arnando, S.Si, M.Pd, nanti muara pelatihan ini saat event besar di Sumbar salah satunya Porprov Sumbar.

“Sesuai dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu kewajibannya adalah melakukan pengabdian dalam masyarakat. Kegiatan kita ini ya salah satunya mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu,” tambah M. Arnando yang juga wasit sepakbola berlisensi nasional dan juga dosen UNP itu.

Dikatakannya, narasumber/pemateri yang didatangkan yakni Dr. Tjung Hauw Sin, M.Kons rasanya sangat tepat. “Level seorang Dr. Tjung Hauw Sin sebagai motivator dan konselor sudah skala nasional. Buktinya dia juga menjadi narasumber di Kemenpora RI dari 2004 sampai saat sekarang,” jelas Nando –sapaannya.

Yang membanggakan panitia sebanyak 25 wasit yang mengikuti pelatihan itu merupakan wasit yang sudah memimpin di berbagai iven baik daerah, nasional bahkan internasional.

Hendri Irawadi, M.Pd yang membuka pelatihan itu tentu menyambut gembira apa yang dilakukan oleh LP2M UNP. “Sebagai Pengprov Pelti Sumbar kami pertama berterima kasih banyak. Kami tentu sangat terbantu dalam meningkatkan SDM terutama di bidang perwasitan,” kata Hendri Irawadi.

Usai dibuka maka langsung diberikan materi oleh Dr. Tjung Hauw Sin. Dalam sesi itu peserta lebih banyak bertanya.

Usai meteri diberikan dalam kelas maka dijadwalkan pekan depan akan dilaksanakan praktek lapangan dengan lokasi di Lapangan Tenis UNP Kampus I Air Tawar.

“Sesuai jadwal praktek lapangan nanti kita gelar di Lapangan Tenis UNP Kampus I Air Tawar,” tutup Nando dan dibenarkan oleh Indri Wulandari. (D2) 

 

  • Bagikan