Longsor di Aie Dingin, Solok – Muara Labuh Lumpuh Tiga Jam

  • Whatsapp
Alat berat tengah membersihkan material longsor. (*)

 

AROSUKA – Peristiwa longsor yang terjadi di kawasan jorong Data Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (30/6), mengakibatkan putusnya jalan utama Solok-Muara Labuh sekira pukul 12.30 Wib ini.

Bacaan Lainnya

Longsoran tanah setinggi 2 meter tersebut membuat arus transportasi dari Solok Selatan dan sebaliknya tersumbat. Mobilitas di jalan utama tersebut putus total, hingga menimbulkan macet selama beberapa jam.

Informasi yang didapat dari Kapolsek Lembah Gumanti Iptu Amin Nurasyid,  menyebutkan, peristiwa longsor terjadi sekira pukul 12.30 Wib. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, namun dipastikan akses lalu lintas ke dua arah berbeda itu lumpuh hampir mencapaj tiga jam.

Kapolsek Lembah Gumanti mengaku langsung turun ke lokasi kejadian begitu mendapat informasi. Dia juga segera menghubungi bantuan alat berat milik Dinas Prasjal Tarkim Provinsi Sumbar untuk memindahkan material longsor yang menutupi badan jalan. “Alat berat sampai di lokasi sekira pukul 13.15 Wib dan langsung memindahkan material longsor dari lokasi. Saat ini jalan sudah bisa di lewati kembali,” kata Amin Nurrasid.

Sementara itu, masyarakat menduga bencana lonsor kerap terjadi karena dipicu aktifitas tambang galian C yang beroperasi di lokasi longsor. ” Kita minta hal ini menjadi perhatian pemerintah melakukan antisipasi,” kata Hendri (45) warga setempat. (rusmel)

Pos terkait