Longsor, Jalan Raya Sungayang-Lintau Terputus

  • Whatsapp
Badan jalan yang menghubungkan Sungayang dengan Lintau, saat terutup tanah longsor.(ist)

BATUSANGKAR — Hujan lebat yang mengguyur bumi Kabupaten Tanah Datar pekan kemarin, menyebabkan terjadinya berbagai bencana alam seperti pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor.

Senin (9/12) pagi ini, longsor terjadi di jalan provinsi yang menghubungkan Sungayang dengan Balaitangah Lintau. Akibatnya, kendaraan dari kedua arah tak bisa lewat.

Baca Juga

Tanah longsor yang menimbun badan jalan itu, terjadi di Kelok Kayu Songik, Jorong Kawai, Nagari Batu Bulek. Daerah itu dikenal dengan istilah kawasan Puncak Pato. Kendaraan roda empat ke atas tidak bisa lewat, sementara kendaraan roda bisa melalui badan jalan, namun pengendara harus ekstra hati-hati, karena jalan akibat timbunan tanah.

Masih ruas jalan itu, tanah longsor yang menimbun badan jalan juga terjadi di Tunjam, Nagari Tanjung Sungayang.

Petugas badan pertolongan seperti tim dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar bersama masyarakat dan instansi terkait, bekerjasama untuk menyingkirkan tanah yang menimbun badan jalan.

Pada Sabtu (12/7) pagi, akses transportasi dari Lintau ke Batusangkar juga sempat tersumbat pada jalur Batusangkar-Setangkai. Ada lima pohon tumbang dan menutup jalan. Pohon tumbang itu terjadi di kawasan Guguak Cino.

Pada hari yang sama, pohon tumbang yang menutup badan jalan juga terjadi di Jorong Koto Gadang Ilir, Nagari Padang Gantiang. (mus)

Berita Terkait