Lomba Selaju Sampan Bakal Digelar di Batang Arau

  • Whatsapp
Lomba perahu naga. (doc.singgalang)

PADANG – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menggelar perlombaan klasik nan menarik, Lomba Selaju Sampan Tradisional di tahun ini.

“Perlombaan olahraga air ini bakal dihelat selama Sabtu hingga Minggu, 14-15 Desember bertempat di aliran Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan,” kata Kepala Disparbud Kota Padang Arfian kepada wartawan, Rabu (11/12).

Baca Juga

Jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 32 klub dayung tradisional di Kota Padang dengan dua diantaranya dari luar daerah yakni dari kabupaten Solok Selatan dan Mentawai.

Disebutkan Arfian, lomba selaju sampan tradisional tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar pihaknya dengan tujuan utama dalam rangka melestarikan seni budaya tradisional Kota Padang.

“Selain itu kegiatan ini merupakan ajang pertemuan dan silaturahmi antara pedayung tradisional yang ada di Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya. Untuk para pemenang kita sudah menyiapkan berbagai trophy dan tabanas,” sebutnya.

Untuk teknis lomba peserta akan memulai lomba dengan melajukan sampannya dengan star dari arah Muaro Padang dan melaju melawan arus sepanjang 400 meter menuju garis finish tepat di bawah jembatan Siti Nurbaya. (syawal)

 

Berita Terkait