LKKS Limapuluh Kota Studi Tiru ke Pariaman

PARIAMAN – Lembaga Kordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pariaman menerima kunjungan Ketua LKKS Limapuluh Kota, Ny. Nevi Syafarudin dan rombongan . Kunjungan LKKS Limapuluh Kota disambut Ketua LKKS Kota Pariaman Ny.Lucy Genius di ruang rapat walikota, Jumat (5/8).

Ny.Lucy Genius mengucapkan selamat datang kepada rombongan LKKS Limapuluh Kota. Kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan bagi LKKS Kota Pariaman.

LKKS merupakan lembaga non pemerintah dan bersifat terbuka, independen serta mandiri, yang dibentuk ditingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota. Masing-masing bersifat otonom dan bukan lembaga yang mempunyai hubungan hierarki. LKKS juga menjadi lembaga kesejahteraan Sosial untuk mengkoordinasikan dan membina organisasi/lembaga dengan tingkatan masing-masing.

“LKKS memang lembaga non pemerintah tapi tujuan utama kita adalah membantu pemerintah dalam melaksanakan usaha kesejahteraan sosial. Ada beberapa kegiatan yang telah kita lakukan yang menjadi kegiatan rutin LKKS Kota Pariaman, antara lain sunatan massal, anjangsana, pemberian baju lebaran panti, pemberian sembako anak panti, bedah rumah, pemberian kursi roda dan pengembangan posdaya. Tidak hanya itu, kita juga menggandeng Lembaga Mitra (Lazis Mitra Umat Madani Padang) dalam pemberian sembako untuk 100 penyandang disabilitas,“ tambahnya.

Untuk kegiatan bedah rumah, LKKS Kota Pariaman sudah melakukan bedah rumah sebanyak 32 KK sejak 2020. Tidak hanya itu, LKKS Kota Pariaman juga menjalin kerja sama dengan Indo Jalito Peduli dalam penyaluran kurban ke masyarakat bagi mushala yang tidak memiliki sapi saat Idul Adha.

Sementara itu, Ny. Nevi Safaruddin mengucapkan banyak terima kasih atas penyambutan yang dilakukan LKKS Kota Pariaman serta penyampaian program – program LKKS Kota Pariaman yang nanti bisa dilakukan juga di Limapuluh Kota.

“Kita memilih LKKS Kota Pariaman untuk dikunjungi dan melakukan studi tiru karena berdasarkan rekomendasi dari LKKS Sumatera Barat dan kita juga telah melihat banyaknya program bagus yangtelah dilaksanakan LKKS Kota Pariaman. Sebelum kami melakukan study tiru, kami berkoordisnasi dengan LKKS Provinsi sehingga mereka meminta kami untuk melakukan studi tiru ke Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Kepengurusan LKKS Limapuluh Kota untuk periode 2021- 2026 telah dikukuhkan Bupati Safaruddin pada Desember 2021.

“Melalui study tiru ini kami bisa banyak menimba ilmu dari Kota Pariaman dan mencoba untuk melaksanakannya di  Limapuluh Kota. Semoga apa yang didapat dari Kota Pariaman, akan bermanfaat dalam pelayanan kesejahteraan sosial di Limapuluh Kota, “ harapnya. (agus)