Literasi Digital Dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

SOLOK SELATAN – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali hadir di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat pada Selasa, 9 November 2021.

Webinar yang dimulai pukul 09.00 WIB itu membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN dengan para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Dalam literasi, digital memiliki peran yang cukup strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan.

Ada beberapa manfaat literasi digital seperti mencari dan memahami informasi terkini, meningkatkan kemapuan individu, memperluas dan mempermudah proses komunikasi, serta berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam wawasan kebangsaan.

Meski begitu terdapat dampak negatif yang diterima oleh pengguna internet.

Untuk mengatasi dampak negatif literasi digital sangat diperlukan etika dan budaya dalam penggunaannya, karena literasi digital menyediakan berbagai macam informasi dan pengetahuan yang bermanfaat.

Israr A, S.Pd dalam materinya menjelaskan teknologi digital yang dimanfaatkan secara positif sebagai sumber pengetahuan, sumber hiburan, sumber pergaulan, dan sumber pendapatan.

Dalam hal ini Masyarakat harus cerdas memilih sumber informasi yang resmi dapat dipertanggungjawabkan, yang bisa dinilai dari segi bahasa dan penulisannya yang mendidik dan kata-kata mana yang pantas untuk dibagikan kepada orang lain.

Menurut Ranna Saphira, manfaat media sosial, antara lain mendapatkan informasi secara aktual, mampu berkomunikasi secara langsung, meningkatkan brand awareness, meningkatkan trafik dan peringkat pencarian, serta membangun relasi dengan cepat dan luas.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Adhit “Element” sebagai Musisi yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat harus berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam meningkatkan wawasan kebangsaan.

Manfaatkan media sosial untuk berkarya dan membuat konten yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain. Masyarakat juga harus cerdas memilih informasi, jangan sampai masyarakat terkena hoax bahkan menyebarkan hoax.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)

  • Bagikan