Lindungi Diri dari Penipuan di Ruang Digital

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

SOLSEL – Meskipun teknologi sudah dirancang seaman mungkin, oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab masih bisa saja menemukan celah untuk melakukan penipuan online.

Maka dari itu, kita harus tetap waspada saat melakukan aktivitas secara online, apalagi saat kita sedang bertransaksi melalui platform digital.

Hal itu dikatakan Dosen Universitas Pelita Harapan David Hareva Reza Arman saat menjadi pemateri dalam Webinar Literasi Digital 2021 yang digelar di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada Selasa 26 Oktober 2021.

Webinar yang dimulai pukul 09.00 WIB itu membahas secara khusus tentang Lindungi Diri dari Penipuan di Ruang Digital bersama para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang presenter yang akan ikut berpartisipasi.

Teknologi internet menjadi bagian penting kehidupan sehari-hari yang membawa banyak perubahan besar. Dengan itu, keamanan dan keselamatan digital menjadi hal penting.

Saat ini berbelanja online kian meningkat untuk kebutuhan pribadi di masa pandemi. Untuk menghindari dari kejahatan penipuan online ketika berbelanja online usahakan untuk berbelanja di market place resmi yang mereka berbadan hukum.

“Adanya tindakan pencegahan tersebut bagi pengguna internet supaya lebih aman ketika berbelanja online di ruang digital,” katanya.

Supaya tidak tertipu dengan belanja online ada tips menghindari penipuan online shop seperti pilih situs website yang terpercaya, periksa reputasi penjual atau toko online, cek ulasan produk dari sesama pembeli, tersedianya metode pembayaran Cash on Delivery (COD), dan jangan tergiur harga yang terlalu murah.

“Internet saat ini merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia sehari-harinya, manusia tidak bisa lepas dari aktivitas di internet. Namun, tidak bisa dipungkiri jika masalah keamanan siber terus menghantui para pengguna internet di seluruh dunia. Maka dari itu lindungi diri di ruang digital dengan keamanan yang perlu dipahami,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam pembukaan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis/mat)

  • Bagikan