Lima Rumah di Bayang Terkena Longsor, Alat Berat Dikerahkan

  • Whatsapp
Teks photo : Dinas PU dan Penataan Ruang bersama BPBD Pessel menerjunkan alat berat untuk membersihkan material longsor di beberapa titik di Kecamatan Bayang kemarin. (ist)

PAINAN – Sebanyak 2 unit alat berat diterjunkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan guna membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga di sejumlah titik di Kecamatan Bayang, Sabtu (15/2).

“Alhamdulillah kami bersama BPBD, pihak kecamatan dan juga dibantu oleh masyarakat setempat, telah berhasil membersihkan material longsor di Lereng Bukit dan Gunung Cerek, Kecamatan Bayang,” ungkap Kabid Bina Marga Dinas PUPR Pessel, Digdian Budiman.

Bacaan Lainnya

Sementara pihak Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pessel, Zulfian Aprianto serta Camat Bayang, Ilham Saputra, menyerahkan bantuan sembako kepada korban terdampak tanah longsor.

Sebagaimana diketahui, hujan lebat yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (14/2) sore, selain mengakibatkan banjir dibeberapa lokasi, namun juga terjadinya longsor sehingga menimbun rumah warga di daerah setempat.

Informasi yang dihimpun kemarin, ada lima rumah warga yang terkena longsor yakni, rumah milik, Asril (65 ) warga Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Siti Afrida (51), Bukit Putuih, Kenagarian Talaok, Hendri Eka Putra (48) warga Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang dan Datuk Medan (56) warga Kampung Putih, Kenagarian Gurun Panjang Selatan.

Salah seorang pemilik rumah yang jadi korban mengatakan, longsor mengakibatkan dua kamar rumah bagian belakang dan dua unit sepeda motorya tertimbun.

Longsornya terjadi sekitar pukul 17.00 WIB di saat hujan lebat beserta petir. “Satu motor SMASH dan Trabas serta dua kamar bagian belakang rumah saya tertimbun tanah longsor,” tuturnya. (son/man)

Pos terkait