Lima Hari di Tiongkok Gubernur Promosikan Pariwisata

  • Whatsapp
Gubernur Irwan Prayitno memotong pita peresmian Paviliun Indonesia di ajang China - Asean Business dan Investmen Summit di Naning, Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).ist

 

PADANG-Pemerintah Provinsi Sumbar kembali berkesempatan mempromosikan pariwisata dan kulinernya di event internasional. Kali ini, Gubernur Irwan Prayitno bersama rombongan menghadiri China – Asean Business dan Investmen Summit di Naning, Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).
“China adalah tujuan utama eksport Indonesia,”sebut Gubernur Irwan Prayitno, lewat pesannya kemarin.
Rencananya, rombongan akan berada di China selama lima hari, sampai Minggu (15/9). Rangkaian kegiatan, selama promosi pariwisata dan budaya, Sumbar juga menawarkan sejumlah potensi investasi di Sumbar.
Pada China  Asean Business & Investment Forum juga ada Paviliun Indonesia, dilokasi ini juga terdapat paviliun dari delegasi peserta The 15 th China РAsean Expo (CAEXPO) 2018, diantaranya negara Kamboja, Brunei Darussalam, Malaysia, Thaialand , Singapora, Philipina, Tanzania, Indonesia, RRT, dan lain-lain.
Peresmian Paviliun Indonesia yang dihiasi etnik budaya Ranah Minangkabau. Paviliun Indonesia diresmikan oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan, Arlinda dan Dubes RI untuk China, Konjen RI untuk Nanning, Ketua Dekranasda Prov Sumbar dan Dubes China untuk Indonesia.
Dikatakannya, Republik Rakyat Tingkok, merupakan salah satu destinasi utama untuk produk ekspor dari Indonesia, selain 5 negara tujuan ekspor Indonesia lainnya yaitu Amerika Serikat, Jepang , India dan Singapore.
Produk indonesia yang dipromosikan pada China-Asean Expo (CAEXPO) ini antara lain hasil kerajinan, produk kesehatan, makanan khas Sumatera Barat (aneka rendang), hasil tenunan Sumatera Barat, batik tanah liat, dan lain-lain. Indonesia akan menjadi partner RRT dalam memenuhi kebutuhan ekspor di negara tersebut , khususnya komoditi dari Sumbar.
CAEXPO 2018 juga diikuti beberapa negara lainnya yakni Kamboja, Brunei, Malaysia, Thaialand , Singapore, Philipina, Tanzania dan Indonesia
“Harapan kita potensi Sumbar yang di ekspose di ajang ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dari kawasan Asia hingga China ke Ranah Minang, karena ajang ini juga diikuti oleh berbagai negara yang terlibat dalam China – Asean Expo (CAEXPO) 2018,”harapnya.
Kunjungan tersebut memenuhi undangan Dirjen Pengembangan Ekspor, Kementrian Perdagang. Sumatera Barat diundang berpartisipasi pada the 15 th China – Asean Expo (CAEXPO) 2018.
Keikutsertaan Indonesia pada ajang ini menempati 2 paviliun “City of Charm” dan “Paviliun Produk”, dengan peserta dari berbagai negara yang berpartisipasi diacara ini akan kita manfaatkan dengan maksimal sebagai ajang promosi potensi Sumatera Barat di Internasional. (yose)

Pos terkait