Kwarran Ampek Angkek Lakukan Gerakan Aksi Peduli Lingkungan

oleh -369 views
Anggota Pramuka Kwarran Ampek Angkek melakukan aksi gerakan peduli lingkungan sepanjang jalan raya Simpang Parik Putuih - Simpang Canduang, Jumat (12/4). ( Maswir Chaniago)

LUBUK BASUNG –¬†Sebanyak 700 anggota Pramuka dari SD, SMP/MTs, SMA/SMK yang bernaung dibawah Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Ampek Angkek, melaksanakan aksi gerakan peduli lingkungan, Jumat (12/4) dengan memungut sampah berserakan di sepanjang jalan raya mulai Simpang Canduang sampai Simpang Parik Putuih.

Sebelum melaksanan aksi gerakan peduli lingkungan, peserta dilepas secara langsung oleh Camat Ampek Angkek, Hidayatul Taufik selaku Kamabiran, di halaman SDN 04 Biaro. Turut hadir dalam aksi gerakan peduli lingkungan, Koordinator Unit Kerja Pendidikan, Pengawas Sekolah, Ketua Kwarran beserta Pengurus, Kepala Sekolah selaku Kamabigus dan Pembina Gudep.

“Gerakan Aksi Peduli Lingkungan kita laksanakan untuk menanamkan rasa peduli lingkungan, terutama kebersihan dan kesehatan lingkungan,”ungkap Hidayat.

Semetara Ketua Kwarran Ampek Angkek, Andrimanizal menambahkan, aksi gerakan peduli lingkungan dilaksanakan sejalan dengan memperingati Hari Bapak Pramuka Indonesia yang jatuh bertepatan pada 12 April.

“Aksi gerakan peduli lingkungan melibatkan sekitar 700 orang anggota Pramuka utusan Gugus Depan (Gudep) mulai SD, SMP/MTs, SMA/SMK, Dewan Kerja Ranting (DKR), Kamabigus dan Pembina Gudep.

Tujuan dari aksi peduli lingkungan yaitu, menanamkan kepada diri anggota Pramuka agar mereka peduli dan proaktif terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Tidak kalah pentingnya, gerakan kebersihan ini bertepatan akan masuknya bulan Suci Ramadhan 1440 H. Sebelum memasuki bulan yang suci terlebih dahulu kita harus sucikan diri dan bersihkan lingkungan,”papar Andrimanizal.

Dari pantauan di lapangan, semua anggota Pramuka yang sudah dibagi menurut zona lokasi terlihat bersemangat dan serius memungut sampah yang berserakan di pinggir jalan utama Simpang Parik Putuih – Simpang Canduang yang merupakan wilayah Ampek Angkek.

Secara ikhlas pengendara yang lewat pun memberikan sumbangan berupa uang untuk membeli minuman anggota Pramuka yang sedang melakukan aksi gerakan peduli lingkungan. (maswir)

 

Loading...