Kuda Pioner Sawahlunto Juara Pertama Sawahlunto Derby 2018

oleh
Sejumlah kuda derby sedang berpacu mengejar finish di Gelanggang Pacuan Kandi.(armadison)

SAWAHLUNTO – Kuda Pioner Sawahlunto berhasil meraih Juara Pertama pada lomba pacu kuda Sawahlunto Derby 2018 jarak 1.500 meter di Gelanggang Pacuan Kuda Kandi Kota Sawahlunto, Minggu (2/12).

Kuda Pioner Sawahluntoyang berasal dari Sawahlunto, Sumbar, dengan Joki Ridwan berhasil menjadi yang tercepat dengan waktu 1.41,59 mengalahkan Kuda Cahaya Dupont dari Payakumbuh dengan Joki Arifin yang berada pada posisi kedua dengan waktu 1.42,88.

Sementara posisi ketiga pada kelas yang memperebutkan total hadiah Rp150 juta itu ditempati Kuda Ababil Lancang Kuning dari Riau dengan joki M. Soleran. Sedangkan posisi keempat diraih Kuda Banteng Agam III dengan Joki Tripan Eri dari Bukittinggi.

Kuda Pioner Sawahlunto milik Walikota Deri Asta sejak lepas dari box star sudah saling berpacu dengan kuda Cahaya Dupont, sehingga berhasil menempatkan diri di posisi pertama. Kuda Cahaya Dupont hanya mampu mencatat waktu 1.42,88. Posisi itu membuat kuda andalan yang berasal dari Payakumbuh itu menjadi terkalahkan.

Kemenangan Kuda Pioner Sawahlunto disambut suka cita ribuan pecandu olahraga berkuda yang memadati gelanggang pacuan kuda kebanggaan masyarakat Kota Sawahlunto itu. Teriakan yel-yel dan tepukan riuh mengantarkan kemenangan bagi Kuda Pioner Sawahlunto.

Sawahlunto Derby, kelas yang paling bergengsi dibanding kelas lainnya pada kejuaraan itu. Di kelas ini, kuda yang ikut pacuan harus berusia tiga tahun, dan hanya diizinkan bertanding satu kali dalam kelas itu.

Pacuan kuda Sawahlunto Derby 2018 merupakan pergelaran yang digelar Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumatra Barat bekerjasama dengan pemerintah Kota Sawahlunto dan pihak sponsor yang juga memeriahkan Hari Jadi Kota Sawahlunto Ke-130.

Selain mempertandingkan kelas derby, Sawahlunto Derby 2018
juga memperlombakan 12 belas kelas lainnya, seperti kelas Cd 2 th
Perdana II 600 meter, kelas AB 2 th perdana 800 meter, kelas CD 2 th pemula 800 meter, kelas AB 2 th pemula 1.000 meter, kelas E 1.200 meter, kelas III handicap 1.200 meter, kelas II handicap 1.200 meter dan kelas SD 3 th remaja 1.300 meter.

Selain itu, yang diperlombakan, kelas AB 3 th 1.400 meter, kelas extra derby 1.400 meter, kelas handicap 1.800 meter dan kelas I handicap 2.000 meter.

Di setiap kelas yang dipertandingkan pihak panitia menyediakan hadiah uang tabanas berkisar Rp7 juta sampai Rp150 juta yang hadiahnya langsung di serahkan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti.(cong/subandi)

Loading...