KPU Sumbar Minta Masyarakat Cermati DPS

  • Whatsapp
KPU Sumbar melaunching sekaligus menggelar diskusi dan uji publik DPS Pilgub Sunbar 2020, Sabtu (19/9). (bambang)

PADANG – KPU Sumatera Barat resmi melaunching dan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Sumbar, di Dapoer Roti Bakar Jalan Raden Saleh, Padang, Sabtu (19/9).

Dalam lauching itu, Ketua KPU Sumbar, Amnasmen menyebutkan saat ini kondisi pandemi Covid-19 di Sumbar cukup tinggi. Makanya dalam kondisi yang seperti itu, tahapan Pilkada saat ini dilakukan dengan hati-hati.

Bacaan Lainnya

“Jadi cukup beralasan kiranya, KPU dalam melaksanakan tahapan Pilkada ini menerapkan protikol kesehatan secara ketat, dengan tujuan Pilkada berjalan aman dan sehat,” ungkap Amnasmen dalam acara launching DPS Pilkada Sumbar itu.

Dia menerangkan, secara umum tahapan Pilkada untuk gubernur, bupati dan wali kota di Sumbar, kini memasuki tahapan penelitian syarat calon yang berlangsung hingga 22 September 2020 nanti.

Sejalan dengan tahapan itu, juga didapat informasi ada dari beberapa calon itu yang positif Covid, dan ada yang sudah negatif hasilnya.

Pasalnya, sebut Amnasmen, dalam beberapa hari kedepan, KPU akan melakukan penetapan calon yang akan ikut Pilkada yang akan dilakukan pada tanggal 23 September mendatang.

Sehari setelah itu, tepatnya pada 24 September dilakukan pengundian nomor urut calon, kemudian pada tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020 masa kampanye.

Ini berarti, para calon jelas akan lebih banyak bertemu para pendukungnya. Nah kondisi seperti ini yang harus kita perhatikan bersama-sama,” pinta Amnasmen.

Kemudian menyangkut telah diumumkannya DPS, Amnasmen mengharapkan berbagai pihak untuk bisa mencermatinya.

“Soalnya pemilih menjadi bagian penting bagi Pemilu, namun di satu sisi KPU masih risau dengan Covid-19 ini. Sebab dengan wabah ini, ada kecemasan kami akan turunnya partisipasi pemilih di TPS nanti,” ujar Amnasmen.

“Untuk itu, pihak yang hadir dalam launching dan uji publik DPS itu, agar mendorong pemilih untuk bisa maksimal datang memilih ke TPS nantinya,” pinta Amnasmen.

Pada launching dan uji publik DPS yang diadakan KPU Sumbar itu diikuti oleh sejumlah Ormas, OKP, Kelompok antar beragama, wartawan dan stakeholder lainnya.(bambang)

Pos terkait