KPU Pasaman Laksanakan Simulasi E-rekapitulasi Secara Nasional

  • Whatsapp

PANTI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman melaksanakan simulasi e-rekapitulasi (sirekap) menggunakan aplikasi e-rekap secara nasional di kantor panitia pemilihan kecamatan (PPK) Panti, Rabu(25/11).

“Kegiatan ini dilaksanakan tiga hari yaitu Selasa-Kamis(24-26/11), untuk Kabupaten Pasaman dipilih Kecamatan Panti dan Kecamatan Lubuk Sikaping” ungkap komisioner KPU Pasaman divisi teknis, Juli Yusran kepada topsatu.com.

Bacaan Lainnya

Diterangkan Juli, simulasi e-rekapitulasi (sirekap) secara nasional, setiap kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak 2020 memilih dua kecamatan, kecamatan memilih dua nagari/desa, nagari/desa memilih 3 tempat pemungutan suara (TPS) untuk simulasi e-rekapitulasi.

Kenapa dipilih Panti dan Lubuk Sikaping, lanjut Juli karena Panti memiliki sinyal yang sedang yaitu sinyal kadang bagus, kadang jelek, sedangkan Lubuk Sikaping memiliki sinyal yang lebih baik.

“Melalui simulasi e-rekapitulasi inilah diharapkan dapat mendata potensi-potensi masalah yang terjadi pada saat rekapitulasi ditingkat kecamatan sehingga KPU segera menyiapkan langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut.”jelas Juli.

Sebelumnya, Sabtu (21/11)lalu, Kabupaten Pasaman juga menjadi salah satu dari lima kabupaten/kota di Sumatera Barat yang dipercayai menjadi lokasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS, yang dilakukan secara nasional. (Hendra)

Pos terkait