KPU Pasaman Dorong Terciptanya Forum Komunikasi DPB

  • Bagikan
KPU Pasaman gelar rakor DPB dengan stake holder.(Ist)

LUBUK SIKAPING  -Pasca Pemilihan serentak Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menggelar rapat koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), di aula lantai III kantor Bupati Pasaman, Senin (28/6).

Rapat koordinasi DPB bertujuan untuk meningkatkan validitas data pemilih dalam penyelenggaraan sebuah pemilihan, diperlukan inovasi maupun terobosan baru untuk menjamin DPB.

“Bagi daerah yang melaksanakan pemilihan serentak Tahun 2020, basis pemutakhiran DPB menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) hasil pemilihan Tahun 2020” kata ketua KPU Pasaman melalui Komisioner KPU devisi Perencanaan dan Data Informasi, Taufiq.

Dikatakan, dalam rakor ini, KPU Pasaman mendorong terciptanya satu forum komunikasi daftar pemilih berkelanjutan yang di dalamnya terdapat stakeholder dan pihak terkait di Pasaman yang bertujuan untuk mengurai atau memberikan data update pemilih atau data kependudukan setiap bulannya.

“KPU Pasaman berharap, kepada para jorong di nagari-nagari agar senantiasa menyampaikan kondisi update kependudukan, salah satunya adalah apabila ada warganya yang meninggal bisa menginformasikan dengan cepat ke dalam forum ini” ujar Taufiq.

Sementara itu, kepala Disdukcapil Pasaman, Sukardi menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap program DPB, sehingga Disdukcapil Pasaman akan selalu bekerjasama dengan KPU Pasaman dalam upaya perbaikan DPB.

“Disdukcapil akan siap sedia membantu KPU Pasaman dalam menyandingkan data kependudukan dengan daftar pemilih berkelanjutan, demi terlaksananya perbaikan data secara berkala” ungkap Sukardi.

Rapat koordinasi dihadiri oleh komisioner KPU Pasaman, Kapolres, Dandim 0305/Pasaman, Kadisdukcapil, kadis Sosial, direktur RSUD Lubuk Sikaping, kadis DPM, sekretaris KPU, Bawaslu Pasaman, Kesbangpol, BPS dan Kepala Rutan Lubuk Sikaping serta Partai Politik yang memiliki kursi di DPRD Pasaman.(Hendra)

  • Bagikan