Koramil 08 Ajak Warga Menanam Pohon

  • Whatsapp
Koramil 08/ Sungai Geringging mengajak unsur Muspika, pemerintah nagari, pemerintah korong dan tokoh masyarakat menanam pohon di sepanjang aliran sungai. (agus)

PARIK MALINTANG – Kecamatan Sungai Geringging dan IV Koto Aur Malintang merupakan wilayah teritorial Koramil 08/ Sungai Geringging, Kodim 0308/Pariaman. Kedua Kecamatan ini berada di daerah ketinggian dan berbukit dibandingkan kecamatan lainnya di Padang Pariaman.

Apabila curah hujan turun dengan lebat tidak jarang kedua kecamatan ini mengalami longsor. Begitupun bila terjadinya angin kencang, pohon pohon banyak yang tumbang. Dari dua kejadian itu yang ditakuti bila menimpa manusia dan rumah masyarakat.

Baca Juga

Peristiwa tanah longsor juga disinyalir tidak terlepas dari kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Pohon yang ada ditebang. Jika terjadi hujan lebat, air yang turun itu langsung cepat menuju tempat yang rendah, karena pohon tidak ada yang menyerap air hujan.

Dengan dasar itulah, Koramil 08/Sungai Geringging mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan, melalui gerakan menanam pohon.

“Pohon yang ditanam berjenis mahoni dan bayur tetsebut diharapkan nanti dapat menjadi resapan air di kala hujan,”  jelas Danramil 08/ Sungai Geringging, Kapten. Syamsul.

Dikatakan Danramil, penanaman pohon itu di lakukan di sepanjang aliran Sungai Putih, di Korong Koto Bangko, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Jumat lalu.

Dalam penanaman pohon tersebut Danramil melibatkan Polsek Sungai Geringging, Camat, Walinagari Sungai Sirah Kuranji Hulu , Walikorong Koto Bangko dan tokoh masyarakat. (agus)

 

Berita Terkait