Kontak dengan Pasien Coivd-19 Padang Panjang, Tanah Datar Tambah Tiga Kasus

  • Whatsapp
Roza Mardiah. (*)

BATUSANGKAR – Tanah Datar kembali mencatat penambahan pasien kasus Covid-19. Kali ini ada tiga orang. Hingga kemarin, daerah berjuluk Luak Nan Tuo itu masih merawat satu pasien. Total, Kamis (2/7) pagi, menjadi empat orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan, ketiga pasien yang hasil pemeriksaan labornya menyatakan positif tertular Virus Corona itu, langsung menjalani karantina di Padang.

Bacaan Lainnya

“Mendapat informasi adanya tambahan tiga warga Tanah Datar yang terkonfirmasi positif Covid-19, kita langsung melakukan traking kontak erat dengan pasien tersebut, sekaligus melakukan pemeriksaan swab,” kata Roza yang merupakan kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P )pada Dinas Kesehatan Tanah Datar.

Dikatakan, mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan laboratorium pada Fakultas Kedokteran Unand tersebut, merupakan pasien yang memiliki kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 di Padang Panjang, yakni dokter M beserta istri.

Dengan demikian, hingga pagi ini, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar menjadi 14 orang. Tiga orang menjalani karantina di Padang, satu orang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan, satu orang meninggal dunia, dan sembilan orang sudah dinyatakan negatif atau sembuh.

Koordinator Humas Gugus Tugas Abrar sebelumnya mengatakan, selain melakukan test swab terhadap ratusan orang di berbagai titik, pihaknya juga mengantisipasi penularan Virus Corona dengan tetap melakukan sosialisasi dan edukasi di tengah-tengah masyarakat.

“Kita tetap melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat, terutama terkait dengan pentingnya senantiasa mengenakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan meniadakan kontak fisik,” kata Abrar yang juga merupakan kepala Dinas Kominfo Tanah Datar itu.(Mus)

Pos terkait