Komunitas Solok Muda Diluncurkan, Pemuda Harus Beri Kontribusi

  • Bagikan

SOLOK – Pemuda bukan lagi bersifat menunggu atau meminta-minta untuk mendapat peran dalam membangun negeri. Tapi kini harus mampu memberi dan berkontribusi.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra dalam peluncuran komunitas Solok Muda di Gedung Kubung Tigo Baleh, Kota Solok, Minggu (25/7).

Menurut Ramadhani atau disapa Dhani, pemuda di masa pandemi dituntut kreatif. Karena dengan masa keterbasaan tersebut pemuda diharapkan mengeluarkan ide-ide dan gagasannya.

“Seperti kita ketahui, pendemi belum tahu kapan akan berakhir. Pemuda dengan jiwa mudanya dan semangatnya tentunya mampu membawa arah yang lebih baik.

Ide dan gagasannya sangat dibutuhkan,”kata Dhani.

Dikatakan Dhani, keberhasilan pembangunan pemuda menjadi salah satu kunci sukses dalam memanfaatkan Bonus Demografi. Caranya adalah, dengan membangkitkan semangat kewirausahaan pemuda dan melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang bisa membuka lapangan kerja.

“Kuasai teknologi di era digital, serta dapat menangkap peluang usaha dengan pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Untuk dapat meminimalisir pengangguran, generasi milenial harus mampu terus mengasah mental dan cara berpikir. Hal ini tentu saja bertujuan untuk dapat mengetahui potensi dalam diri setiap individu.

CEO Solok Muda, Khairul Mufadal mengatakan, terbentuknya Solok Muda karena pemuda yang ada di Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan (Solok Raya) ingin mempunyai wadah dan visi misi yang sama dalam berbagai bidang.

“Maka dari itu kami satukanlah visi dan misi serta semangat yang tinggi. Maka terjadilah kesepakatan kami anak muda wilayah Solok Raya untuk menghimpun diri dalam sebuah wadah komunitas yang bernama Solok Muda,”ucapnya.

Dikatakan Khairul, pada awalnya, dengan semangat yang tinggi Solok Muda bisa melaksanakan pertemuan silaturrahmi pertama dengan 20 orang perwakilan pemuda, dari wilayah Solok Raya pada akhir Maret 2021.

“Dari situlah kami mulai saling menyatukan emosional serta mulai menggarap hal apa yang akan kami berikan kepada generasimuda di wilayah Solok Raya nantinya, dengan semboyan kami yaitu #solokuntuksemua.  Untuk mulai memperkenalkan diri kepada Aparat Pemerintah, generasi Muda, serta lapisan masyarakat, kami Solok Muda hadir dengan menuangkan 5 (lima) gagasan,yaitu Muda Mengabdi, Muda Literasi, Muda Peduli, Muda Berkarya
dan Muda Entrepreneur,”tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audi Yunaidi dan Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Yolanda turut hadir sebagai pemateri bersama dalam diskusi.

” Solok Baru merupakan wadah berkolaborasi nya Pemuda Solok Raya terdiri dari Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan yang didalamnya tergabung pemuda-pemuda yang cerdas, energik, kreatif dan berwawasan luas. Oleh karena hadirnya wadah tersebut hendaknya sebuah pemikiran dapat lahir memberikan nilai positif terhadap pembangunan di Solok Raya, ” pungkas Zigo.

Kemudian, Ketua DPRD Solok Selatan juga mengajak Pemuda untuk berkontribusi kepada negara.

“Anak muda tidak boleh alergi dengan kompetisi dan kolaborasi,” tuturnya. (Oky)

  • Bagikan