Komisi I DPRD Padang Minta Aparat Keamanan Kawal Distribusi Sembako

  • Whatsapp
Kunjungan Komisi I DPRD Padang ke Kantor Camat Nanggalo.

PADANG – Ketua Komisi I DPRD Padang, Elly Thrisyanti meminta kepada aparat keamanan Babinsa, Babinkamtibmas untuk mengawal pendistribusian sembako hingga ke penerimanya yang bantuan itu berasal dari lembaga zakat, sosial dan lain sebagainya. Ini karena bantuan yang turun bukan dari pemerintah serta datanya bukan berasal dari Basis Data Terpadu (BDT).

“Aparat kita minta ikut mengawal dalam penyaluran bantuan, sebab penerimanya tak banyak dan bantuan dari pemerintah belum cair,” ujarnya saat pertemuan Komisi I DPRD Padang di kantor Camat Nanggalo, Senin (4/5).

Bacaan Lainnya

Pengawalan itu dilaksanakan, untuk menghindari pro dan kontra pada warga terutama yang belum dapat bantuan.

“Saat ini, kita ketahui lembaga zakat serentak turun menyalurkan bantuan per Kecamatan untuk warga dengan kriteria penerima tidak masuk dalam PKH dan jumlah sembako yang disalurkan tak banyak. Untuk keamanan, perlu sinergisitas semua elemen,” ucap kader Gerindra ini.

Selain itu, aturan PSBB yang ada juga perlu dipatuhi seperti mengumpulkan orang ke suatu tempat untuk mengambil bantuan dari berbagai pihak.

“Jangan lurah-lurah menumpuk warga di suatu lokasi atau kantor lurah. Jika ada bantuan, lebih baik antar ke alamat masing-masing,” ucap mantan Ketua DPRD Padang ini.

Kemudian, kepada RW, RT yang mengusulkan nama penerima bantuan, haruslah transparan dan tak memihak. Supaya warga lain tak menuntut nantinya dan keributan tak terjadi.

“Perangkat bawah harus kirim data yang valid dan yang butuh bantuan,” paparnya.

Selanjutnya, kepada Camat diminta menekankan pada RW, RT untuk bekerja dengan baik dan mengirim data yang tepat. Jangan orang yang ekonomi mampu di masukkan juga.

Sementara itu, Camat Nanggalo, Fuji Astomi siap bekerjasama dengan aparat dalam penyaluran bantuan yang turun dari berbagai pihak. Ini demi menciptakan keamanan dan menghindari kecemburuan sosial bagi warga yang belum menerima bantuan.

“Kita telah koordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas dalam pendistribusian sembako,” ucapnya.

Lalu, penerima bantuan yang di kirim RW, RT datanya telah valid dan penerimanya yang tak masuk dalam BDT.

“Kepada warga kita imbau mematuhi aturan PSBB dan pakailah masker saat bepergian,” ucap mantan Camat Padang Selatan itu.(bambang)

Pos terkait