Klaster Lima Kaum, Ratusan Warga Tanah Datar Uji Swab

  • Whatsapp
Pengambilan swab

BATUSANGKAR -Masyarakat yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster Limo Kaum mengikuti uji swab.

Seratusan orang mengikuti uji swab menyebar di sejumlah Puskesmas dan RSUD Ali Hanafiah Batusangkar.

Bacaan Lainnya

Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita pada pers mengatakan masyarakat yang diuji swab tersebut merupakan orang yang diduga pernah kontak erat dengan tenaga kesehatan Puskesmas Lima Kaum 1 yang diketahui positif.

“Setelah itu dilakukan uji swab terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi, dan hasilnya telah dikirim ke laboratorium Universitas Andalas Padang,” jelas Kadis.

Katanya, setah kasus terkonfirmas sebanyak 11 orang kemudian sudah melakukan tracing sejak minggu malam (9/8), dan telah mengambil sample swab pada hari pertama itu terhadap 130 orang lebih.

Pada hari ini, Selasa (11/8) ada sekitar 150 orang diambil samplenya

Menurutnya, jumlah orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini melihat layanan Puskesmas Limo Kaum 1 ramai melayani masyarakat sebelum ditemukannya kasus disana.

Untuk ini, pihaknya berupaya melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien guna memutus penyebarannya, termasuk mencari orang yang tertinggal.

Uji swabnya dilakukan di Puskesmas Pagaruyung, Puskesmas Gurun, dan Puskesmas Lima Kaum 2, serta RSUD Hanafiah Batusangkar.

Sebelumnya, 11 orang terkonfirmasi positif di Tanah Datar, 9 orang merupakan PNS dan THL di pada jajaran Dinas Kesehatan Tanah Datar, 1 anak remaja, dan satu orang pensiunan TNI AD. Dengan adanya penambahan 11 kasus tersebut dengan total terkonfirmasi sebanyak 23 orang. (yusnaldi)

Pos terkait