KI Sumbar : Mentawai Harus Jadi 3T Dalam Keterbukaan Informasi

  • Bagikan

PADANG – Jarak bukan menjadi penghalang bagi Komisi Informasi Sumbar untuk melakukan pendampingan terhadap badan publik. Contohnya Kabupaten Kepulauan Mentawai, melalui webinar, KI Sumbar memberikan saran dan masukan kepada PPID Utama dan PPID pembantu di Mentawai.

Bimtek PPID ini digagas oleh Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan menghadirkan seluruh PPID pembantu di lingkungan pemkab.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mentawai mengapresiasi kegiatan ini dan berharap bisa menjadi pemacu untuk mengimplementasikan keterbukaan informasi di kabupaten tersebut.

“PPID Mentawai harus aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat, pemerintah harus terbuka dengan masyarakat, tidak saatnya lagi kita menutup nutupi informasi,” jelas Sekda Mentawai Martinus Dahlan dalam sambutannya.

Webinar ini dihadiri tiga komisioner KI Sumbar yaitu Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Wakil Ketua Arif Yumardi dan Komisioner Bidang Kelembagaan Tanti Endang Lestari.

“Kita sengaja “mengeroyok” dan membersamai Mentawai ini, karena kita ingin memotivasi Mentawai untuk menjadi Kabupaten yang informatif dengan semangat 3T yaitu Transparan, Terbuka dan Terdepan dalam pelayanan informasi publik,” ungkap Nofal Wiska.

Sementara itu, Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi berharap ada kesepahaman dalam pelaksanaan KIP di Mentawai antara PPID utama dan pembantu.

“Saya menyarankan ada pembahasan serius di internal PPID dan harus ada MoU antara PPID utama dan pembantu, sehingga ada keterikatan dalam melaksanakan tugas masing masing, termasuk dalam penyusunan SOP,” ujar Arif Yumardi.

Sedangkan Tanti menekankan pada pemahaman seluruh pihak terkait regulasi informasi publik ini.

“PPID utama dan PPID pembantu harus paham dengan tugas dan fungsi masing masing, KI siap untuk memberikan pendampingan dalam bentuk workshop ke PPID,” papar Tanti.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Mentawai Heri Robertus mengapresiasi semangat dan keseriusan semua pihak dalam melaksanakan KIP ini.

“Kita sedang berproses menyusun seluruh sarana dan prasarana pendukung PPID ini, kami mengharapkan kolaborasi ini terus terjalin,” harap Heri Robertus.

Webinar yang dimoderatori oleh Hardio ini diikuti secara serius oleh peserta yang terdiri dari sekretaris dinas di OPD. PPID Utama dan pembantu berkomitmen untuk menjalankan roda PPID ini sehingga Mentawai yang informatif bisa terwujud. (rls)

 

  • Bagikan