Ketua DPRD Pasaman Barat Dilantik

  • Whatsapp
Disaksikan Bupati Pasbar, H. Yulianto Ketua DPRD Pasaman Barat, Farizal Hafni, ST menerima palu paripurna DPRD dari Ketua Sementara DPRD, Erianto usai pimpinan definitif DPRD Pasbar dilantik dan diambil sumpah janjinya, Rabu (2/10). Andika
PASBAR-Tiga pimpinan DPRD Kabupaten Pasaman Barat definitif periode 2019-2024 resmi dilantik, Rabu (2/10) pada rapat paripurna istimewa DPRD Pasbar. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 170-730-2019.
Berdasarkan SK Gubernur Sumatera Barat itu, Ketua DPRD dijabat oleh Farizal Hafni, ST (Gerindra) dan dua wakil ketua masing-masing dijabat Endra Yama Putra, S.Pi (Demokra), H. Daliyus K, SH, M.Si (Golkar). Pelantikan dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Aries Sholeh Efendi.
Ketua DPRD, Farizal Hafni usai pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji, dalam sambutannya mengatakan, kedudukan tiga pimpinan dalam melaksanakan tugas bersifat kolektif kolegial. Yakni pimpinan mempunyai kedudukan yang sama.
“Perlu kami sampaikan bahwa pimpinan DPRD merupakan satu kesatuan pimpinan yang bersifat kolektif kolegial. Artinya bahwa kedudukan kami berempat sebagai pimpinan DPRD dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenang adalah sama,” katanya.
Ia juga menegaskan, hubungan antara ketiga pimpinan dan 40 anggota DPRD bukan hubungan atasan dan bawahan. Sebab, semuanya mempunyai kedudukan yang sama sebagai wakil rakyat. Menurutnya, yang membedakan hanya tugas dan tanggungjawab masing-masing.
Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat Parizal Hafni mengungkapkan sebagai ketua DPRD yang bersifat Kolektif Kolegial maka keberhasilan dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pasbar membutuhkan kerjasama dengan pemerintah daerah maupun forkopimda.
“Seperti diketahui, pemimpin DPRD merupakan kolektif kolegial, yang memerlukan kerjasama untuk meraih keberhasilan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
Parizal Hafni berharap para anggota DPRD agar lebih aspiratif dan segera menyusun strategi sesuai program yang pro rakyat.
Sementara itu Bupati Pasaman Barat, Yulianto meminta kepada para pimpinan definitif DPRD kabupaten Pasbar periode 2019-2024 dapat bersinergi melalui koordinasi dan Konsolodasi sesuai tupoksi DPRD, dengan bekal pengalaman menjadi anggota DPRD selama beberapa Periode.
“Pemimpin DPRD saat ini dapat menciptakan demokrasi yang nyaman dan output kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasbar,” katanya.
Diharapkan para anggota DPRD segera melengkapi alat kelengkapan DPRD sehingga segera dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, pertama-tama saya ucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik semoga amanah dan terus berkarya menjadi wakil rakyat secara ikhlas,” tuturnya.(dika)

Pos terkait