Kepiawaian Sutan Riska Tata Pembangunan; Berkontribusi terhadap Pengentasan Kemiskinan di Provinsi dan Nasional

  • Whatsapp
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati Dasril Panin Dt Labuan

DHARMASRAYA – Kepiawaian Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam menata pembangunan di Dharmasraya makin dirasakan masyarakat, dan layak untuk diparesiasi. Terutama dalam mengentaskan kemiskinan di bumi mekar Dharmasraya yang dijuluki “Bumi Ranah cati Nan Tigo” ini.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati Dasril Panin Dt Labuan

Menurunkan garis kemiskinan menjadi bagian yang sangat penting bagi bupati yang juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)Periode 2021-2026 ini.

Bacaan Lainnya

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan melepas bibit ikan.

Dari awal Rajo Koto besar ini dilantik menjadi Bupati Dharmasraya pada periode pertama tahun 2016 lalu. Ia benar –benar menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dengan sungguh-sungguh, karena ia tahu amanah itu adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan dan dipertanggungjawabkan.

Secara bertahap dan berkesinambungan ia menata pembangunan Kabupaten Dharmasraya yang komprehensif, terarah yang terukur. Buktinya keberhasilan bupati kesayangan istana ini tetuang dalam dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan akuntabilitas keuangan. Sementara LAKIP merupakan gambaran kinerja yang dicapai pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiyai APBN dan APBD.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan bantuan kepada warga miskin ( Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

Keberhasilan menurunkan angka kemiskinan didukung oleh berbagai program pembangunan. Salah satunya dengan membentuk tim penanggulangan kemiskinan yang bekerja mengkoordinasikan dengan semua stakeholder.

Kemudian program sektoral sehubungan dengan peningkatan perekonomian masyarakat cukup berhasil, di antaranya intensifikasi pertanian, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dan juga membaik sistem usaha. Secara tidak langsung telah menambah pendapatan masyarakat, termasuk masyarakat yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan bantuan beasiswa bagi warga kurang mampu ( foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

“Akuntabilitas keuangan terhadap capaian kinerja untuk menurunkan tingkat kemiskinan sangat efisien. Dari jumlah anggaran yang disediakan Rp987.988.150 terealisasi Rp982.553.768 atau 99,450 persen. Sementara capaian kinerja yang dihasilkan sebesar 98,06 persen atau dalam kategori sangat berhasil,” terang Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo kepada Topsatu.com, Selasa (4/5/2021).

Lanjut Budi Waluyo, kepiawaian Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam memimpin Dharmasraya telah terbukti.

 

Salah satunya dalam menurunkan angka kemiskinan di Dharmasraya. Selama tiga tahun berturut turut, 2017-2018-2019 tingkat kemiskinan di kabupaten Dharmasraya salalu mengalami penurunan.

Pada tahun 2019 tingkat kemiskinan Dharmasraya sama dengan tingkat kemiskinan provinsi Sumatera Barat sebesar 6,29 persen dan jauh lebih rendah dibanding penduduk miskin nasional sebesar 9,22 persen.

“Kontribusi pengentasan kemiskinan Kabupaten Dharmasraya cukup besar untuk provinsi dan nasional dalam pengentasan kemiskinan,” Pungkasnya. (roni)

 

Pos terkait