Kepala LLDIKTI Wilayah X Luncurkan Enterpreneur Award V 2021

  • Whatsapp
LUNCURKAN - Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri didampingi Rektor Universitas Bung Hatta Prof Tafdil Husni dan Dewan Pengarah Prof Musliar Kasim meluncurkan Enterpreneur Award V LLDIKTI Wilayah X, di Aula UBH, Rabu (7/4). (bambang)

PADANG – Kompetisi kewirausahaan Entrepreneurship Award V LLDIKTI Wilayah X 2021 resmi diluncurkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, di Aula Kampus I Universitas Bung Hatta, Padang, Rabu (7/4).

Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima dengan Universitas Bung Hatta sebagai tuan rumah mengangkat tema “Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka melalui Jiwa Kewirausahaan untuk Pemulihan Perekonomian Bangsa”.

Read More

Sebelumnya, Entrepreneurship Award IV telah sukses dilaksanakan di Universitas Batanghari Jambi dengan memilih 20 finalis untuk memenangkan total hadiah Rp115 juta rupiah. Tahun ini, Universitas Bung Hatta sebagai tuan rumah menyediakan total hadiah sebesar Rp125 juta rupiah bagi para pemenang.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri mengatakan peluncuran Entrepreneurship Award V yang dilaksanakan secara daring dan luring di Universitas Bung Hatta merupakan kegiatan yang diikuti mahasiswa dengan mengirimkan proposal kewirausahaan atau bisnis plan yang kompetitif.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah para mahasiswa PTS di lingkungan LLDIKTI X. Menjaring bisnis plan buah karya mahasiswa dari PTS yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi bisnis yang kompetitif dan berkesinambungan,” ujar Prof Herri saat peluncuran.

Setelah resmi diluncurkan, mahasiswa di lingkungan LLDIKTI Wilayah X sudah dapat mengirimkan proposal  hingga 7 Juli 2021 mendatang. Berikutnya adalah tahapan penilaian yang dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 25 Juli 2021.

“Hasilnya akan diumumkan pada 28 Juli 2021. Peserta yang lolos akan mempresentasikan gagasan mereka tanggal 25 Agustus 2021 dan pengumuman pemenangnya pada tanggal 26 Agustus 2021,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan ada 2 kategori lomba yang diikuti mahasiswa, yakni kategori pertama, inovasi bisnis yang ditujukan kepada calon wirausaha muda yang telah memiliki dan menjalankan usaha sendiri. Kedua, kategori rencana bisnis yang merupakan penilaian ide bisnis terbaik yang direncanakan dan implementatif.

“Mari kita sukseskan bersama kompetisi kewirausahaan ini. Melalui Entrepreneurship Award V kita upayakan menciptakan mahasiswa unggul berwirausaha, mendorong pengusaha muda dan penciptaan bisnis karya mahasiswa yang berpotensi dikembangkan dan bersaing di pasar,” tutup Prof. Herri.

Sementara Rektor Universitas Bung Hatta Prof Tafdil Husni mengatakan, saat ini mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dalam melihat peluang wirausaha maupun bisnis sesuai dengan kemajuan teknologi.

“Siapa yang mengikuti teknologi, dialah yang dapat bersaing. Kita lihat taksi kovensional yang punya ribuan armada ternyata kalah oleh taksi online yang bahkan tak punya armada satu pun, namun hanya menyediakan aplikasi,” katanya.

Untuk itu melalui ajang EA LLDIKTI Wilayah X 2021 ini, dia berharap agar para mahasiswa dapat melihat peluang yang ada dengan baik untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis atau wirausaha yang menjanjikan.

Senada dengan Rektor Universitas Baiturahmah Prof Musliar Kasim yang juga Dewan Pengarah EA V LLDIKTI 2021 mengatakan, ajang ini adalah sesuatu yang sangat bagus melihat antusias para mahasiwa mengikutinya.

Sebab saat ini, katanya, sudah tidak zamannya lagi mahasiswa semata memikirkan mencari kerja selepas bangku kuliah. “Sekarang ini zamannya berwirausaha,” katanya.

Dikatakan, dari tahun ke tahun, sejak diselenggarakan pada 2018 lalu, peserta EA LLDIKTI selalu meningkat, pada ajang pertama hanya diikuti 76 proposal, lalu pada ajang kedua meningkat tiga kali lipat, 217 proposal, EA ketiga 623, EA keempat 1.165. Saat ini EA kelima ditargetkan mencapai 1.500 proposal.

“Ini kan bagus, kalaulah 30 persen saja dari peserta itu menjadi wirausaha kan sangat bagus, inline dengan program Gubernur sekarang yang dalam visi misinya akan menciptakan 100 ribu wirausaha,” katanya. (benk)

 

Related posts