Kenali Jenis Aplikasi yang Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

AGAM – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat pada Selasa, 16 November 2021.

Webinar yang dimulai pukul 13.30 WIB itu membahas tentang KENALI JENIS APLIKASI YANG TEPAT DAN MENGUNTUNGKAN DI RUANG DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Teknologi dalam era digital harus disikapi dengan hati hati, karena selain dampak positif juga akan timbul dampak negatif.

Dr. Prilani, M.Si., menjelaskan manfaat media sosial, meliputi kanal atau saluran, strategi dan manajemen pribadi, alat kontrol individu dan masyarakat, evaluasi dan pengukuran, alat dokumensi, menjaga integritas, sarana pembelajaran, serta publikasi dan sosialisasi.

Tren penggunaan platform sistem belajar online oleh guru di tengah wabah pandemic covid-19, meliputi whatsapp, rumah belajar, google education, ruang guru, edmodo, kelas pintar, dan sekolahmu.

Rahman Mukhlis, S.Pd., menjelaskan salah satu jenis aplikasi yang tepat dan menguntungkan di ruang digital ialah paylater. kelebihan paylater, meliputi proses cepat dan praktis, tenor bervariasi, serta promo menarik. Cara aman bertransaksi dengan paylater, antara lain hati-hati dengan phising, gunakan PIN yang berbeda di setiap akun, serta tidak memberikan data pribadi ke pihak tidak dikenal.

Vicky Andriyani, S.Kom., M.Ec.Dev., pembayaran melalui dompet digital umumnya terdiri dari dua metode, yaitu metode pembayaran semi daring, di mana pembayaran dilakukan dengan sistem daring, namun melalui perantara kasir dan metode pembayaran daring, dimana pembayaran dilakukan secara mandiri.

Sistem pembayaran e-commerce, meliputi kartu kredit, transfer bank, debit visa, rekening bersama, COD, e-wallet, serta gerai retail.

Intan Sari Andini, S.H., menjelaskan etika interaksi di dunia maya, antara lain hormati waktu orang lain, jangan menyalahgunakan kekuasaan, mudah memaafkan, bagilah ilmu dan keahlian, serta toleransi terhadap pengguna lain. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Annisa Andarini sebagai Influencer dan Guru yang memberikan sharing session, mengenai gunakan aplikasi yang tepat dan menguntungkan di media sosial, salah satunya bertujuan untuk sistem belajar online dan penggunaan paylater yang dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Gunakan paylater untuk kebutuhan bukan keinginin. Ubah mindset konsumtif masyarakat menjadi lebih produktif.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)

  • Bagikan