Webinar Literasi Digital 2021 di Padang Panjang

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

PADANG PANJANG – Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Untuk wilayah Padang Panjang webinar digelar pada Rabu 15 September 2021 pukul 09.00 WIB membahas Kesiapan Masyarakat dalam mehadapi transformasi digital.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Bapak Jokowi mendukung Literasi Digital Kominfo 2021 itu.

Setiap individu perlu memahami bahwa literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern sekarang ini.

Literasi digital sama pentingnya dengan membaca, menulis, berhitung, dan disiplin ilmu lainnya. Generasi yang tumbuh dengan akses yang tidak terbatas dalam teknologi digital mempunyai pola berpikir yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Setiap orang hendaknya dapat bertanggung jawab terhadap bagaimana menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Perkembangan dunia digital dapat menimbulkan dua sisi yang berlawanan dalam kaitannya dengan pengembangan literasi digital. Berkembangnya peralatan digital dan akses akan informasi dalam bentuk digital mempunyai tantangan sekaligus peluang.

Transformasi digital pun telah terjadi di berbagai aspek bidang seperti pendidikan, pekerjaan, dan budaya dalam berinteraksi.

Budaya sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia yang terbentuk dalam kehidupan masyarakat.

Sementara itu masyarakat dan budaya yang tak terpisahkan pun akhirnya membentuk budaya digital yang baru dalam berinteraksi di era internet.

Transformasi digital adalah pintu masuk terjadinya perubahan. Manusia sebagai agen perubahan dalam budaya digital.

Adanya transformasi digital membuat komunikasi antar masyarakat jauh lebih mudah. Bahkan dengan adanya elektronik yang canggih, mampu menghubungi atau berkomunikasi dengan jarak jauh.

Kita bisa melalukan aplikasi-aplikasi canggih yang tentunya bermanfaat dan juga bisa sekaligus video call.(rilis)

  • Bagikan