Kemenpar Berikan Pelatihan bagi Masyarakat Desa Wisata Kubu Gadang

oleh -228 views
Peserta pelatihan bersama nara sumber dari Kemenpar dan Kadispar Padang Panjang. (Ist)

PADANG PANJANG – Kesungguhan pengelola Desa Wisata Kubu Gadang mengembangkan destinasi wisata yang terletak di Kelurahan Ekor Lubuk

Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang itu, terus mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik jajaran pemerintah, perguruan tinggi maupun swasta.

Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata RI melalui Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Hubungan Antar lembaga bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang memberikan pelatihan bagi masyarakat Desa Wisata Kubu Gadang itu. Pelatihan yang digelar di aula kantor lurah setempat itu, fokus pada upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Desa Wisata.

“Masyarakat Kubu Gadang harus memahami apa itu Desa Wisata. Alhamdulillah, Kementerian Pariwisata bersama Politeknik Negeri Padang baru saja memberikan pelatihan tentang Desa Wisata bagi masyarakat Kubu Gadang,” kata Kadis Pariwisata Kota Padang Panjang, Hendri Fauzan, Sabtu (29/6) malam.

Menurut Hendri Fauzan, saat ini dunia pariwisata merupakan salah satu penggerak ekonomi yang dapat melibatkan banyak ekonomi lainnya. Bahkan di banyak daerah, pariwisata menjadi penggerak utama ekonomi masyarakatnya.

Desa Wisata Kubu Gadang, destinasi wisata yang mulai dibuka sejak 2018 lalu itu memberikan peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Padang Panjang. Meski terbilang baru, namun destinasi ini mulai dikenal luas masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

Hendri Fauzan menyebut, pariwisata yang sedang trend saat ini adalah pariwisata yang berbasis masyarakat. Masyarakat yang mengerjakan, masyarakat yang berusaha, masyarakat yang mengelola dan pemerintah tugasnya hanya memfasilitasi.”Pegembangan pariwisata itu tidak akan berhasil hanya dengan pemerintah semata, tetapi juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat,” tandasnya.

Kerjasama Kementerian Pariwisata dan Politeknik Negeri Padang yang didukung penuh pemko dan masyarakat itu terwujud karena mereka melihat perkembangan Desa Wisata Kubu Gadang sangat pesat. Namun demikian, tetap perlu pemantapan dan pembenahan.

“Kita ingin Desa Wisata Kubu Gadang terus berkembang menjadi destinasi andalan kita. Semoga dengan adanya pelatihan itu, pengetahuan pengelola dan masyarakat tentang Desa Wisata semakin mantap,” harapnya. (Jas)

Loading...