Kelompok Shinonome Butoh Jepang Gelar Kerjasama Pertunjukan

oleh -185 views
Kegiatan kerjasama kelompok Shinonome Butoh asal Jepang di ISI Padang Panjang. (Ist)

BATUSANGKAR – Kelompok Shinonome Butoh asal Jepang melaksanakan program kerja Asia Butoh Tree Project di Asia dengan komunitas Indonesia Performance Syndicate Padang Panjang dan Program Studi Seni Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang dengan menyelenggarakan workshop serta kolaborasi pertunjukan.

Dalam keterangannya, Selasa, (25/6), koordinator kegiatan Padangpanjang Butoh Camp #1 2019 Wendy HS mengatakan workshop diikuti 20 peserta dari Padang Panjang, Pekanbaru, Jambi dan Painan.

“Saya senang dengan antusiasme pendaftar yang melampai ekspektasi, ” jelas dosen Program Studi Seni Teater itu.

Dikatakan pegiat literasi dan dewan kesenian Tanah Datar ini, kegiatan Butoh Camp #1 2019 memiliki dua agenda penting, yaitu workshop butoh berlangsung dari 17-21 Juni lewat Pertunjukan Kolaborasi Jepang- Indonesia pada Selasa (25/6) di ISI Padang Panjang dan Rabu (26/6) di komunitas KIEK Sungai Landia Agam.

Diutarakan Wendy, kehadiran Yuko Kawamoto sebagai direktur Shinonome Butoh Jepang untuk memberikan workshop teknik butoh-nya ini dilihat oleh banyak praktisi muda seni pertunjukan di Indonesia sebagai suatu hal yang penting, selain Yuko adalah murid langsung Tatsumi Hijikata, pencipta genre butoh lainnya Kazuo Ohno.

Ia menyebut Prodi Seni Teater ISI Padang Panjang selalu membuka diri dan akan berada di garis depan untuk membangun jaringan internasional dengan berbagai institusi dan kelompok pertunjukan dari negara lain.

Rangkaian kegiatannya diikuti Kepala Ajang Gelar ISI Padang Panjang, Dr. Yusril, Ketua Program Studi Seni Teater Dr. Sulaiman Junet dan perwakilan komunitas Seni Budaya KIEK Sungai Landia Syukra Maulana. (yusnaldi)

 

Loading...