Kehadiran Babinsa Sebagai Pendamping Kegiatan Infrastruktur

  • Whatsapp
Letkol. Czi. Titan Jatmiko 

PARIAMAN – Dandim 0308/Pariaman Letkol. Czi. Titan Jatmiko menjelaskan keberadaan TNI-AD, dalam hal ini Babinsa di sebuah kegiatan atau proyek pembangunan infrastruktur di wilayah binaannya adalah sebagai pendamping.

“Jangan pihak lain punya pandangan dan asumsi lain dengan adanya anggota TNI dalam hal ini Babinsa di sebuah pengerjaan pembangunan infrastruktur di wilayah binaannya. Memang tugas dari babinsa itu, salah satunya harus tahu dan mengetahui apa yang terjadi dan dilakukan masyarakat atau pihak luar di wilayah binaannya,”ucap Titan Jatmiko, Senin di ruang kerjanya, sekaitan meluruskan pemberitaan yang diterbitkan salah satu media.

Bacaan Lainnya

Bahkan kehadiran Babinsa di sebuah pengerjaan pembangunan infrastruktur yang di kerjakan di wilayah binaannya juga dilaksanakan bersama Babinkamtibmas yang sama-sama bertanggung jawab terhadap wilayah binaan. Dengan adanya Babinsa dan Babinkamtibmas, pengerjaan pembangunan infrastuktur yang sedang berlangsung bisa berjalan dengan lancar dan tepat pada waktunya.

Diungkapkan Dandim, Babinsa hadir di wilayah binaannya bukan karena adanya  pengerjaan sebuah pembangunan infrastruktur yang berskala Nasional saja, tapi di setiap kesempatan dan tidak mengenal waktu. Itulah salah satu tugas Babinsa bagaimana mereka bisa selalu bersama warganya.

Ditegaskan Titan Jatmiko, pihak lain jangan terlalu cepat beranggapan negatif dengan adanya anggota TNI-AD dalam sebuah pembangunan infrastruktur di wilayah binaannya. Tapi, perlu di ingat bahwa TNI AD  melalui Babinsa yang bertanggung jawab terhadap wilayah binaanya hadir sebagai pendamping dan pelindung demi terlaksananya pembangunan yang menggunakan dana Pemerintah Pusat atau Daerah yang sedang di kerjakan oleh sebuah Perusahaan.

Di samping itu, jika pembangunan yang sedang dikerjakan di sebuah daerah, apabila terjadi persoalan di lapangan dan berujung pada mandeknya pengerjaannya, muaranya bukan saja kepada Pemerintah Daerah, Polres, tapi juga kepada Kodim setempat. “Makanya, TNI (Babinsa) selalu berupaya setiap ada pengerjaan pembangunan yang mengunakan dana dari Pemerintah selalu tetap mendampingi dan menjaga keamanannya, diminta atau tidak oleh pihak yang mengerjakan kegiatan tersebut,” tuturnya. (agus)

Pos terkait