Kawasan Mandeh jadi Lokasi Lomba Lari Internasional Pertama di Sumbar

oleh -864 views
Komisaris Utama BRI Andrinof A Chaniago menjelaskan terkait iven lari BRI Mandeh RUN 2019, di Padang, Selasa (5/2). (givo alputra)

PADANG-Lomba lari International pertama di Sumatera Barat (Sumbar) akan segera digelar di Kawasan Wisata Mandeh, Pesisir Selatan. Kegiatan tersebut bertajuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) Mandeh Run 2019.

Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago, sebagai pihak sponsor tunggal kepada awak media di Padang mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mempopulerkan gerakan hidup sehat dan mempromosikan keindahan alam Mandeh, yang saat ini dikenal sebagai surganya Sumatera Barat.

“Ide ini berawal saat saya bertemu dalam kegiatan BRI Runner dan Karambia Runner.  Setelah berdiskusi, saya katakan kenapa tidak lomba lari International yang difokuskan di kawasan Mandeh,” katanya menceritakan.

Lebih lanjut dikatakan Andrinof, BRI Mandeh Run 2019 ini telah masuk dalam kalender lari international. Iven lomba Lari International ini prakarsai oleh Karambia Runners dan BRI Runner Chapter Padang dan didukung juga Kementarian Pariwisata Kota Republik Indonesia.

“Tentu harapan kita lomba ini sukses dan memberikan dampak yang baik untuk wisata dan ekonomi Sumbar. Di hari H nanti kita berharap tidak ada makanan siap saji. Kepada pedagang keluarkanlah seluruh potensi wisata kuliner Sumbar,” ungkapnya.

Ditambahkannya, peserta yang akan berpartisipasi ditargetkan sebanyak 2000 orang pelari ditambah dari perwakilan nagari di Pesisir Selatan sebanyak 1000 peserta yang akan dibagi kedalam empat kategori.

“Para pelari akan memperebutkan total hadiah 400 juta, empat kategori itu adalah 5K, 10K, 21K nasional dan 21K international. Hingga saat ini puluhan peserta dari luar negeri sudah mendaftar yang didominasi dari Kenya, Nigeria dan Inggris. Diluar itu 800 pelari telah mendaftar juga,” ungkapnya.

Tak sampai disitu saja, iven yang akan mulai dihelat pada 3 Maret 2019 itu akan dihadiri dan dikuti sejumlah seleb runner seperti Ibnu Jamil dan Melissa Karim dan juga Cita-citata sebagai bintang tamu.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Erizon, mengatakan pihaknya berdasarkan instruksi bupati sangat mendukung penuh lomba lari international tersebut karena iven tersebut ibarat mimpi yang tidak dimimpikan.

“Kita sebelumnya telah berencana melaksanakan kegiatan pula, namun BRI datang dengan kejutan iven international, kami sangat berterima kasih. Untuk mendukung iven ini kami akan menyediakan pelayanan air bersih dan perkemahan dan melibatkan seluruh OPD sebagai peserta,” ungkapnya.

Dikatakan Erizon, BRI Mandeh Run 2019 akan menjadi moment kebangkitan pariwisata Sumbar, karena selain Mandeh masih banyak lagi sorga tersembunyi dari Pesisir Selatan yang akan segera dimunculkan.

Sementara itu, Iven Organizer BRI Mandeh Run 2019, Imam Al akbari mengungkapkan peserta yang ingin mendaftar bisa mengakses www.brimandehrun.com.

“Rencana awal panitia akan menyediakan 5 ambulan yang akan membantu peserta selama lomba lari, 2 ditempatkan di race run dan 3 lainnya akan berpatroli. Perihal sampah kita akan menyediakan tempat sampah dan di area star dan finis akan ada food bazar kuliner. (givo)

Loading...