Kasus Covid-19 Payakumbuh Terus Melandai

  • Bagikan
Ilustrasi hasil tes positif virus corona. (Ist)

PAYAKUMBUH-Kasus aktif Covid-19 di Kota Payakumbuh terus melandai dan mengalami penurunan yang signifikan. Dalam tiga hari terakhir tidak ada penambahan kasus baru. Dengan perkembangan kasus Covid-19 yang terus melandai itu, kasus aktif virus corona tinggal 57 kasus lagi. Bahkan, angka kesembuhan juga semakin tinggi dan tingkat hunian rumah sakit juga mengalami pengurangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Rabu (15/9), mengatakan, dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan beberapa hari yang lalu kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, serta hasilnya keluar hari ini tidak ditemukan penambahan kasus dan delapan orang dinayatakan bebas isolasi.

“Sehingga sampai hari ini data untuk kota Payakumbuh didapati sebanyak 49 orang isolasi mandiri dirumah dan 8 orang dirawat di rumah sakit, dengan total kasus aktof sebanyak 57 orang. Perkembangan kasus kita terus melandai, sampai hari ini sudah 21 kelurahan yang berstatus zona hijau dan tidak ada lagi zona oranye,” ujarnya.

Walaupun demikian, pihaknya terus berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan jangan sampai lengah. Apalagi sampai abai dan menyepelekan penerapan protokol kesehatan. “Karena apabila itu terjadi, alamat kasus positif akan kembali melejit. Dab bahkan diprediksi akan terjadi lonjakan kasus lagi. Untuk itu, masyarakat kita minta untuk tetap terapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari, serta konsumsi makanan sehat dan buah-buahan,” tambahnya.

Dikatakan, untuk mereka yang dinyatakan telah sembuh alias bebas isolasi itu adalah Alcap Devi Ansor, laki-laki, 46 tahun, Parit Rantang, swasta. Selanjutnya, Andre Setianto Eka Saputra, laki-laki, 40 tahun, Padang Tinggi Piliang, pedagang. Aprizal, laki-laki, 37 tahun, Parak Batuang, pegawai apotek. “Ada Diki Engla Mardianto, laki-laki, 36 tahun, Subarang Batuang, pegawai DLH, Elfis Putra, laki-laki, 39 tahun, Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, TNI. Selanjutnya Ernitanti Lubis, perempuan, 46 tahun, Padang Tangah Balai Nan Duo, Nakes PKM Lampasi. Fahrezzi Zayyid Rafly, laki-laki, 3 tahun, Tanjuang Gadang dan Halimah Djalil, perempuan, 78 tahun, Payolansek, pensiunan,” katanya.

Selain itu, Kadinkes juga mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh, agar secepatnya melakukan vaksinansi di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh, serta untuk remaja juga telah bisa menerima vaksin Covid-19. “Untuk vaksinasi diharapkan untuk remaja berusia 12 sampai 17 tahun, agar secepatnya melaksanakan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Syaratnya tidak sulit, hanya memperlihatkan e-KTP dan untuk anak dibawah umur hanya dengan melihatkan KK saja,” ucapnya lagi.

Sementara untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus baru sebanyak 0 orang, total kasus konfirmasi sebanyak 2.670 orang, sembuh sebanyak 2.552 orang, isolasi sebanyak 49 orang, rawat sebanyak 8 orang, meninggal dunia sebanyak 53 orang, KE sebanyak 0 orang, dengan total swab sebanyak 22.568 sampel. 207

  • Bagikan