Kapolda Jamin Keamanan Mahasiswa Papua di Sumbar

oleh -151 views
Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal. (ist)

PADANG – Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol. Fakhrizal menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa Papua di Sumbar. Selain itu, mahasiswa Papua yang ada di Padang juga diminta tidak terpancing dan terpengaruh atas kejadian di Surabaya hingga Manokwari, Papua, beberapa waktu lalu.

“Kita sudah kumpulkan adek-adek kita dari Papua. Alhamdulillah di tempat kita tidak ada masalah, mereka nyaman di Sumbar,” kata Fakhrizal, beberapa waktu lalu.

Kapolda juga memastikan tidak ada tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua yang berada di Sumbar. Masyarakat Sumbar adalah masyarakat yang toleran terhadap keragaman suku, agama dan budaya.

Sementara Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Syamsi Rabu (11/9) menuturkan, selain di Polda, jajaran Polresta Padang juga telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Ikatan Mahasiswa Papua Sumbar pada Agustus di Mapolres.

Dalam pertemuan, perwakilan mahasiswa Papua memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik dan tidak ada mendapat intimidasi. Mereka juga mengimbau seluruh mahasiswa Papua yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk tetap menjaga jiwa nasionalisme dan menjunjung tinggi keberagaman.

“Kami di Padang aman-aman saja, keamanan kami dijaga di sini. NKRI harga mati,” ujar perwakilan mahasiswa setelah melakukan pertemuan dengan Kapolresta, Kombes Yulmar Try Hilmawan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa) Kota Padang tercatat sebanyak 85 orang mahasiswa asal Papua yang menimba ilmu di Padang. (guspa)

Loading...