Kantor Pertahanan Bukittinggi Gelar Internalisasi Pembangunan Zona Integritas

  • Whatsapp
Foto bersama usai menggelar kegiatan internalisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (14/10) Di Kantor Pertanahan Bukittinggi. (martiapri yanti)

BUKITTINGGI – Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi menggelar kegiatan internalisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (14/10).

Dibuka Kepala Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi, Zarlisman, dengan menghadirkan pemateri dari Kejaksaan Negeri Bukittinggi, Boby Heryanto, Kasi Pengelolaan Barang Bukiti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejari Bukittinggi yang juga Wakil Ketua WBK WBBM Bukittinggi serta dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, diwakili Hendri Roelinson Purba.

Zarlisman mengatakan, ini merupakan berkomitmen untuk melakukan perobahan nantinya bermuara kepada attitute, pola pikir serta budaya.

“Nantinya ending dari ZI ini adalah menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM) untuk masyarakat Kota Bukittinggi, semua ini dilakukan bermuara dari hati nurani,”kata Zarlisman.

Hal ini selaras dengan upaya dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk terus berbenah dalam rangka menuju birokrasi yang bersih melayani dan anti korupsi.

“Zona integritas ini bertujuan melakukan penataan terhadap sistem pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional dan bebas korupsi,” sebut Zarliman.

Dikatakan, upaya menuju ZI, WBK,WBBM, Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi telah memiliki fasilitas seperti loket khusus penyerahan, penerimaan bukti stor, loket informasi, pengaduan, dan pendaftaran serta Indek Kepuasan Masyarakat (IKM). Semua ini adalah pendukung untuk percepatan pelayanan yang selama ini telah kita lakukan.

“Kami juga menyediakan kebutuhan disabilitas seperti kursi roda, ada box charger hp serta minuman disudut ruangan. Selain itu ada juga ruang bermain anak dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. Semua itu kami sediakan untuk kenyamanan pengunjung, bahkan, Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi menyediakan akun resmi media social agar masyarakat mudah mengakses seperti, instagram, facebook dan lainnya.

Sekadar diketahui juga Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi tetap patuhi protokol kesehatan saat covid 19 diantaranya, pemeriksaan suhu tubuh, masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Ditambahkan juga oleh Boby Heryanto, terkait dengan pembangunan ZI ini, pahami 6 area perubahan, berusaha menginventarisir inovasi apa yang akan ditonjolkan, percuma kalau kita sudah benahi tapi masih ada ketidak seragaman pola pikir.

“Jika pimpinan sudah berupaya merubah ke arah yang lebih baik, sejatinya semuanya harus mendukung. WBK dan WBBM ini, jadi tidak sampai disematkan pin di baju saja,” imbuhnya.

Sementara itu, dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, diwakili oleh Hendri Roelinson Purba mengapresiasi terhadap tersedianya sarana penunjang yang ada di Kantor Pertanahan Bukittinggi, mulai dari loket pelayanan sampai arena bermain anak.

“Selain itu kita juga harus perhatikan strategi membangun zona integritas ini, seperti komitmen, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi serta manajemen media,” imbuhnya.

Dia juga berharap Kantor Pertanahan Bukittinggi bisa meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (yanti)

Pos terkait