Kampus UMSB Didorong Kembangkan Riset di Daerah

  • Bagikan
Walikota Payakumbuh Riza Falepi, melakukan penanaman pohon di Kampus IV Muhammadiyah Sumatera Barat Payakumbuh, usai menghadiru Milad ke 66, kampus itu, Senin (22/11). bule

PAYAKUMBUH-Universitas Muhammadiyah Sumater Barat (UMSB) gelar Milad ke-66, di Kampus IV Kota Payakumbuh. Pada Milad tahun ini, tema yang diusung sedikit berbeda dari biasanya. Dimana tema Milad kali ini yakni Never Ending Achievements.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, yang hadir pada Milad itu, berharap agar momentum Milad ke-66 UMSB mendorong kampus tersebut untuk mengembangkan riset di daerahnya yang akan berguna untuk masyarakat. “Saya berharap, kedepannya agar UMSB dapat menjadi universitas yang terus mengembangkan riset-riset yang berguna bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, juga meresmikan gedung kampus IV UMSB yang berasal dari dana hibah Pemkot Payakumbuh. Peresmian juga dihadiri oleh Anggota DPRD Fraksi PKS Mustafa dan Kadis PUPR Payakumbuh Muslim.

Dikatakan, riset yang dikembangkan tidak perlu hal yang sangat besar. Namun bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti peningkatan dan pengembangan salah satu komoditas pertanian.

“Bisa jadi manggis, pinang, atau kelapa sawit. Tentu kita sadar riset akan memerlukan gedung untuk pengembangan riset, UM Sumbar memiliki tanah yang cukup untuk membangun gedung,” karanya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh ingin punya banyak excellent center, yang salah satu lambangnya adalah perguruan tinggi.

“Karena ini menjadi konsern kita, makanya kami dari Pemkot Payakumbuh memberi dukungan pembangunan gedung kampus IV UM Sumbar. Semoga UM Sumbar bisa tumbuh dan maju, serta memiliki spesialisasi, tidak hanya kemampuan secara general atau umum saja,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra, mengharapkan, momentum Milad ke-66 ini dapat menjadikan kampus UMSB terus berbuat tanpa adanya batas-batas.

“Harapan ini sesuai dengan tema Milad ke-66 kali ini yakni Never Ending Achievements. UM Sumbar akan hadir untuk berbuat tanpa batas,” katanya didampingi Dekan Fakultas Pertanian UM Sumbar Rahmawati dan Ketua Pembangunan Wendra Yunaldi.

Dia juga mengharapkan, dengan adanya gedung baru Kampus IV Fakultas Pertanian UMSB dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di kampus tersebut. Sehingga juga memberikan dampak kepada Kota Payakumbuh. “Dengan adanya universitas atau lembaga pendidikan di Kota Payakumbuh, diharapkan tentu dapat menghidupkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Disampaikannya, untuk saat ini mahasiswa baru angkatan 2021 di Fakultas Pertanian UMSB berjumlah sekitar 100 orang. Dimana hal itu meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya rata-rata 40 sampai 50 orang setiap tahunnya.

“Memang ini jelas didukung dengan akreditasi kampus kita yang sudah bagus. Tahun depan kami menargetkan ada 150 mahasiswa baru untuk Fakultas Pertanian ini,” katanya.

Menanggapi keinginan walikota Payakumbuh terkait pengembangan riset, rektor mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan peningkatan-peningkatan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) dosen di kampus tersebut untuk dapat mengembangkan riset.

“Jadi dosen jangan hanya mengajar di kelas saja karena salah satu tugas dosen itu adalah riset. Sehingga kita terus melakukan peningkatan kepada dosen kita,” pungkasnya. bule

  • Bagikan