Kampung Surau Terisolasi, Aktifitas Warga Lumpuh

  • Whatsapp
Kondisi banjir di Kampung Surau, Kenagarian Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung. Tampak akses jalan masih digenangi air dengan kedalaman kurang lebih dada orang dewasa. (roni aprianto)

DHARMASRAYA – Banjir yang melanda Kenagarian Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Selasa (21/1) meninggalkan luka mendalam bagi ratusan Kepala Keluarga ( KK ) dan ribuan warga setempat.

Hingga, Rabu (22/1) siang, akses jalan masih belum bisa dilewati kendaraan karena tingginya genangan air. Tidak hanya itu, lahan pertanian, harta benda tak luput dari musibah banjir itu. Saat ini bahan bakar seperti minyak serta kayu bakar untuk memasak makanan sudah tidak ada.

“Bahan makanan sudah menipis, bahan bakar untuk memasak makanan pun sudah habis, Hari ini, Rabu (22/1). Kami sangat memerlukan kebutuhan tersebut,” ungkap Kepala Jorong Batu Agung, M. Iqbal Abas kepada Topsatu.com, Rabu (22/1).

Ia juga sangat menyanyangkan hingga hari itu, Rabu (22/1) belum ada sedikitpun bantuan bahan makanan dan makanan siap saji dari pemerintah daerah Dharmasraya. Kalaupun ada, bantuan itu berasal dari perorangan maupun dari kelompok organisasi seperti partai politik.

Sementara itu politisi partai Golkar, Ezik yang juga merupakan warga Kampung Surau, Nagari Gunung Selasih, menyebutkan, jumlah Kepala Keluarga ( KK) di Kampung Surau tiga ribu jiwa. ” Masyarakat sangat membutuhkan uluran tangan dermawan,” katanya.

Anggota DPRD Sumbar dari Partai Amanat Nasional (PAN), Yosrisal sangat menyanyangkan belum adanya bantuan kebutuhan pangan yang disalurkan pemerintah Dharmasraya untuk korban banjir di Kampung Surau, Nagari Gunung Selasih tersebut.

“Ini sudah hari kedua, masyarakat dikepung banjir. Seharusnya pihak Pemkab Dharmasraya harus cepat merespon. Pemerintah tidak peka terhadap kebutuhan masyarakatnya. Seharusnya langsung mendata apa saja yang dibutuhkan untuk selanjutnya secepatnya disalurkan, jangan menunggu diminta dulu baru direspon,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Dharmasraya, Bobby Perdana Riza mengatakan, wilayah yang dilanda banjir tidak hanya Kampung Surau, Nagari Gunung Selasih.

“Jadi kondisi ini sudah tanggap darurat. Seluruh prosedur bantuan sudah diserahkan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD), Dinas sosial sudah melaksanakan tugas, seperti mendirikan dapur umum di lokasi bencana sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya.(ron)

Berita Terkait