Kabut Tebal Melanda Dharmasraya, BPBD Bagi–bagi Masker

oleh -620 views
Sejumlah anggota BPBD Dharmasraya menggelar aksi bagi-bagi masker  di jalan Lintas Sumatera, Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kamis (25/7) ( roni aprianto )

DHARMASRAYA-Kabut tebal yang menyelimuti bumi mekar Dharmasraya, memicu aksi sosial Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Dharmasraya. Dimana jajaran pegawai plat merah ini menggelar aksi bagi- bagi masker kepada pengendara di Jalan Lintas Sumatera, Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung,. Aksi itu guna mencegah penyakit dan berbagai gangguan kesehatan lainnya akibat kabut yang menyelimuti daerah itu, Kamis (25/7) pagi.

“Aksi ini sepontan saja,  melihat kabut yang cukup tebal  pagi ini. Kami langsung turun ke jalan membagikan masker kepada pengguna jalan.”  ungkap Kepala BPBD Dharmasraya, Edison saat dikonfirmasi Singgalang.

Saat disinggung, apakah itu merupakan kabut asap kiriman.  Pihaknya belum dapat memastikan, yang jelas  bagi-bagi masker hanya gerakan spontan melihat kabut yang begitu tebal.

Menurutnya, selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui jenis kabut yang menyelimuti Dharmasraya. Apakah itu kabut asap kiriman atau kabut akibat perubahan cuaca.

“Apabila kabut asap ini akibat kebakaran lahan,  tentu instansi terkait akan mengambil upaya tindaklanjut. Dan kalau hanya kabut karena perubahan cuaca saya rasa tidak ada masalah,” jelasnya.

Dirinya memastikan sampai saat ini wilayah  Dharmasraya  terhindar dari kebakaran lahan atau lainnya yang memicu kabut asap.

Sementara, Salah seorang masyarakat Dharmasraya,  Guspi  (27), mengatakan kabut tebal memang menyelimuti Dharmasraya pagi tadi, bahkan jarak pandang sangat terbatas.
Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak berapa hari terakhir.

” Kalau keluar rumah saya menggunakan masker untuk menghindari kabut asap dan debu jalanan,” pungkasnya. ( 527)

 

Loading...