Jokowi Utus Wakil Menteri Urang Awak untuk Terangi Lintau

oleh -396 views
Presiden Jokowi saat meresmikan program listrik bagi warga tidak mampu (ist)

BATUSANGKAR — Presiden Jokowi secara khusus mengutus Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar supaya menuntaskan program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar.

Presiden ingin memastikan warga Batu Bulek tak lagi berjalan di kegelapan, ketika ingin ke masjid, musala atau aktivitas malam lainnya.

Dalam kunjungannya ke Lintau Buo Utara beberapa waktu lalu, Arcandra Tahar menyampaikan Presiden Jokowi merasa memiliki kewajiban untuk menerapkan energi yang berkeadilan untuk masyarakat, termasuk di Sumatera Barat.

“Program ini merupakan hak bapak dan ibu untuk menikmatinya. Kewajiban Pemerintah untuk menciptakan energi berkeadilan bagi masyarakat. Semoga manfaatnya dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat,”terang Arcandra ketika berkunjung ke Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara akhir Februari lalu.

Dijelaskan Archandra, sebanyak 20 titik yang sudah dibangun pada tahun 2018 melalui anggaran Kementerian ESDM ini dan pada tahun 2019 ini akan kembali dibangun sebanyak 50 titik lagi.

“Pembangunan PJU-TS untuk Kabupaten Tanah Datar akan kita tambah sebanyak 50 titik lagi pada tahun 2019 ini, yang sebelumnya 20 titik telah selesai kita bangun pada tahun 2018, ini pun merujuk pada permintaan pemerintah daerah,” ucapnya.

Sementara untuk wilayah Indonesia Dia mengatakan sudah dibangun sekitar 21 ribu titik dengan anggaran satu titik sampai terpasang sebesar Rp. 20 juta rupiah. Untuk geothermal Ia sebut Indonesia memiliki dan ini tidak setiap negara punya, maka perlu disyukuri, dan yang sudah terpasang di Indonesia sebesar 1.900 megawatt.

Wakil Bupati Zuldafri Darma sampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM yang telah membantu Kabupaten Tanah Datar dalam hal penerangan jalan umum, terutama didaerah terpencil yang tidak ada aliran listrik.

“Kepada masyarakat Kabupaten Tanah Datar, ini keberuntungan bagi kita, karena saat ini kita dikunjungi Wamen ESDM dalam rangka dua kegiatan besar, sebelumnya meresmikan sumur bor di Nagari Sumaniak Kecamatan Sungai Tarab dan saat ini lampu PJU di Lintau, dan itu adalah bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM,” ucapnya.

Pj Wali Nagari Batu Bulek Jasmalinar mengatakan, saat ini nagari yang dipimpinnya sangat membutuhkan lampu penerangan jalan, terutama di jorong-jorong yang masih minim penerangan. Untuk Kecamatan Lintau Buo Utara sendiri, dikatakannya sudah mendapat 20 titik PJU-TS melalui bantuan kementerian ini, yaitu Nagari Batu Bulek dan Nagari Balai Tangah. (rel)

Loading...