JK Minta Bantuan Dari PMI Dipercepat, PMI Sumbar Galang Donasi Gempa Cianjur

PADANG – Menanggapi bencana Gempa Bumi Magnitudo 5.6SR yang melanda masyarakat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin lalu (21/11), Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla meminta layanan serta distribusi bantuan dari PMI dipercepat.

Merespon permintaan ini, Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar menghimbau PMI Kabupaten/Kota untuk menggalang donasi di daerah masing-masing.

Aristo menyatakan bahwa PMI Provinsi Sumatera Barat siap menjadi wadah penyaluran donasi dari warga Sumatera Barat untuk masyarakat Cianjur yang terdampak.

“Kita sangat siap untuk hal ini. Untuk respon awal PMI Sumbar akan membuka saluran donasi dalam bentuk dana. Dan Silahkan PMI Kab/Kota juga menggalang donasi di daerah masing-masing,” ucap Aristo saat dihubungi, Kamis (24/11) di Markas PMI Provinsi Sumatera Barat.

Untuk selanjutnya, PMI akan melakukan koordinasi yang lebih mendalam bersama PMI Pusat dan PMI Provinsi Jawa Barat terkait realisasi bantuan yang nantinya akan disalurkan melalui PMI Provinsi Sumatera Barat.

“Kita akan lihat apa yang bisa kita bantu, apakah cukup dengan bantuan berupa dana ataukah perlu mobilisasi relawan dan lainnya,” ucapnya.

Jika dibutuhkan jenis bantuan lanjutan, tambah Aristo, PMI Provinsi Sumatera Barat akan menyampaikan kepada masyarakat.