Jemaah Naqsabandiyah Mulai Puasa Ramadan Senin 12 April

  • Whatsapp

PADANG – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah akan memulai puasa Ramadan, Senin, 12 April 2021. Penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriah tersebut tidak menunggu keputusan pemerintah yang baru akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan, 12 April 2021 mendatang.

Sekretaris Tarekat Naqsyabandiyah Padang, Edizon Revindo mengatakan, penghitungan jatuhnya awal puasa Ramadan ini memakai kalender hisab munjid dan setiap tahun selalu puasa lebih cepat lima hari dari tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Tahun lalu kita mulai puasa pada Kamis, maka tahun ini dihitung lima hari dari hari Kamis berarti puasa jatuh pada hari Senin nanti,” katanya, Kamis (8/4/2021).

Menurut Edizon, pemerintah baru melihat hilal terlebih dulu sebelum menetapkan awal Ramadan melalui sidang isbat. Sedangkan Muhammadiyah telah menetapkan puasa Ramadan, Selasa (13/4/2021).

“Kita lebih cepat satu hari dari Muhammadiyah,” ucapnya.

Sebagai pertanda mulai puasa, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah sudah mulai shalat tarawih seperti di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh Padang, Minggu (11/4/2021) malam.

“Saat ini ada sekitar 2.500 jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang tersebar di berbagai daerah di Sumbar. Jumlah itu tersebar di Padang, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, Payakumbuh dan lainnya. (mat)

Artikel ini telah tayang di sumbar.inews.id dengan judul “ Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Mulai Puasa Ramadan Senin 12 April

Pos terkait