Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil

  • Bagikan

PAYAKUMBUH-Jelang Ramadhan 1442 Hijriyah, harga dan pasokan kebutuhan pokok di Kota Payakumbuh terpantau stabil hingga Minggu (11/4). Di mana ketersedian bahan pangan pokok, tergolong aman dan untuk harganya pun cukup stabil dipasaran.

Meski ada kenaikan harga dibeberapa jenis bahan pokok, tapi masih dalam kategori wajar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda, kepada Singgalang, Minggu (11/4), mengatakan, bahan pokok yang mengalami kenaikkan hanya bawang merah sedangkan yang lainnya masih relatif aman.

“Kenaikkan harganya masih terbilang aman dan normal serta ketersediaannya masih cukup di bulan ramadhan tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, bencana yang banyak terjadi di pulau Jawa hingga saat ini memang belum memberikan dampak kepada harga bahan pokok yang ada di Kota Payakumbuh. Bahan pokok di Kota Payakumbuh yang juga ditopang dari daerah Jawa adalah bawang merah.

Meski terjadi kenaikan harga untuk bawang merah ini, namun tidak begitu besar. “Mudah-mudahan kedepannya pasokan dari daerah jawa ini masih aman. Sehingga harga bahan pokok kita di Payakumbuh terus stabil dan kebutuhan masyarakat sampai Idul Fitri nanti dapat terpenuhi,” tambahnya.

Sedangkan dari pantauan yang dilakukan, untuk harga bawang merah sendiri di pasaran dijual dengan harga Rp32 ribu per kilogram. Harga ini mengalami kenaikan sebesar Rp6.000, jika dibandingkan dengan Kamis (8/4) lalu. Sedangkan untuk cabe merah saat ini dijual dengan harga Rp34.000, per kilogram, turun sebesar Rp3.000, dari Kamis kemaren. Sementara harga jagung pipilan juga mengalami kenaikan sebesar Rp1.000, dimana saat ini dijual pada harga Rp6.000, per-kilogramnya.

“Harga bahan pokok lainnya masih sama, bawang putih berada pada harga Rp26.000, per kilogram, daging sapi berada pada harga Rp120.000, per kilogram, beras premium diharga Rp13.000, per kilogram, beras medium pada harga Rp12.000, per kilogram, daging ayam pada harga Rp27.000, per kilogram, telur ayam Rp1.400, per butir, dan gula pasir pada harga Rp13.000, per kilogram,” ujar Topik, salah seorang pedagang harian di Bonai, Payakumbuh.

Dikatakan, untuk harga kebutuhan pokok lainnya juga tidak mengalamai kenaikan. Dimana harga minyak goreng curah dijual pada harga Rp13.000, per kilogram, kacang tanah pada harga Rp27.000, per kilogram, kacang kedelai pada harga Rp11.000, per kilogram dan ubi kayu dengan harga Rp2.500, per kilogram.

“Kita berharap harga ini bertahan hingga lebaran nanti, sehingga masyarakat tidak terpekik betul. Apalagi saat ini ekonomi masyarakat tengah sulit juga, efek dari pandemi Covid-19 yang masih mendera,” katanya. 207 

 

  • Bagikan